In-depth

Apa Kabar Skuat Los Galacticos Real Madrid di Laga Terakhir Zidane?

Kamis, 7 Mei 2020 18:25 WIB
Editor: Coro Mountana
© Eric Verhoeven/Soccrates/Getty Images
Apa Kabar Skuat Los Galacticos Real Madrid di Laga Terakhir Zidane? Copyright: © Eric Verhoeven/Soccrates/Getty Images
Apa Kabar Skuat Los Galacticos Real Madrid di Laga Terakhir Zidane?

INDOSPORT.COM – Tepat hari ini, 7 Mei, 14 tahun yang lalu, Zinedine Zidane meninggalkan skuat Los Galacticos Real Madrid, apa kabarnya mereka saat ini?

Zidane adalah salah satu legenda yang paling dihormati di Real Madrid, maklum saja, karena ia telah membawa banyak gelar bagi Los Blancos. Mulai dari LaLiga Spanyol hingga Liga Champions, saat menjadi pemain, asisten pelatih sampai jadi pelatih.

Tanggal 7 Mei pun diperingati sebagai hari yang penting bagi fans Real Madrid karena Zidane di 14 tahun yang lalu memainkan laga terakhirnya di Santiago Bernabeu. Meski sempat mencetak gol, Zidane gagal membawa Real Madrid mengalahkan Villarreal, karena ditahan 3-3.

Meski begitu, Zidane meninggalkan lapangan dengan diiringi oleh standing ovation oleh mereka yang mencintai Real Madrid. Zidane pun akhirnya sejak saat itu telah melepaskan statusnya sebagai pemain Real Madrid yang berisi skuat Los Galacticos jilid 1.

Kini setelah 14 tahun berlalu, apa kabarnya skuat Los Galacticos Real Madrid di laga terakhir Zinedine Zidane?

Iker Casillas

Kiper, kapten sekaligus idola Real Madrid, Iker Casillas menjadi saksi sejarah bagaimana Zidane akhirnya meninggalkan Bernabeu. Setelah itu, Casillas pun menjadi legenda bagi Spanyol karena sukses memenangkan 2 Euro dan 1 Piala Dunia.

Sayang kariernya mengalami penurunan setelah ia terlibat friksi dengan Jose Mourinho hingga berujung pada kepindahannya ke Porto. Pada tahun lalu, Casillas terkena serangan jantung sehingga memaksanya pensiun dan memulai karier baru di bidang manajemen sepak bola.

Michel Salgado

Legenda Liverpool yang pernah bermain di Real Madrid, Steve McManaman pernah mengatakan kalau Michel Salgado adalah pemain paling keras di dunia. Sepertinya itu memang benar karena Real Madrid butuh waktu lama untuk mencari penggantinya di sisi kanan yaitu Daniel Carvajal.

Salgado sendiri setelah berkarier di Real Madrid, ia memutuskan ke Inggris untuk membela Blackburn Rovers. Selepas pensiun, Salgado membuka sekolah sepak bola sekaligus pelatih dan petinggi klub.

Sergio Ramos

Saat itu, Sergio Ramos hanyalah anak bawang yang pada akhirnya berkembang menjadi salah satu bek terbaik saat ini. Mengalami perubahan posisi dari bek kanan ke bek tengah ternyata membawa Ramos semakin bersinar dalam karier.

Alvaro Meija

Meskipun masuk dalam skuat Los Galacticos Real Madrid, rupanya Alvaro Meija tetap saja kurang dikenal pada saat itu. Jebolan akademi Real Madrid yang kini berusia 38 tahun itu saat ini diketahui masih bermain di klub Qatar, Al Shahaniya.

Roberto Carlos

© Indosport.com
Roberto Carlos dan David Beckham saat membela Real Madrid. Copyright: Indosport.comRoberto Carlos dan David Beckham saat membela Real Madrid.

Pemilik tendangan pisang yang kecepatannya sebanding dengan mobil berkecepatan tinggi, Roberto Carlos merupakan salah satu anggota Los Galacticos saat itu. Setelah merasa cukup di Real Madrid, Roberto Carlos melanglang buana ke berbagai klub di Turki, Brasil hingga Rusia.

Selepas pensiun, Roberto Carlos tak bisa jauh dari sepak bola, ia diketahui sempat menjadi pelatih di Anzhi Makachkala, Delhi Dynamos, Sivasspor dan Akhisar Belediyespor. Namun kini, Roberto Carlos telah kembali ke Real Madrid sebagai duta klub.

David Beckham

Semusim setelah Zidane pensiun, David Beckham memutuskan untuk melanjutkan karier di Los Angeles Galaxy, AC Milan dan PSG. Usai pensiun, David Beckham pun kini menjadi sosok penting di balik klub Amerika Serikat, Inter Miami.

Pablo Garcia

Setelah Zidane pensiun, gelandang Uruguay, Pablo Garcia dipinjamkan Real Madrid ke Celta dan Real Murcia sebelum dilepas ke PAOK, tim Yunani. Kini, Pablo Garcia diketahui sedang menjabat sebagai pelatih tim muda PAOK.

Zinedine Zidane

© Getty Images
Zinedine Zidane saat masih aktif menjadi pemain Real Madrid. Copyright: Getty ImagesZinedine Zidane saat masih aktif menjadi pemain Real Madrid.

Setelah melakukan tandukan terkenal ke Marco Materazzi di Piala Dunia 2006, Zidane akhirnya benar-benar pensiun dari sepak bola. Akan tetapi, Zidane dengan cepat kembali ke Real Madrid sebagai asisten Carlo Ancelotti pada tahun 2013.

Akhirnya di tahun 2016, Zidane naik tingkat menjadi pelatih Real Madrid usai menggantikan Rafael Benitez yang dinilai gagal total. Di bawah Zidane, Real Madrid sukses memenangi Liga Champions sebanyak 3 kali berturut-turut.

Julio Baptista

Penyerang bertalenta asal Brasil ini kemudian diketahui pindah ke Arsenal, Malaga, AS Roma, hingga CFR Cluj.  Setelah itu, ia memutuskan pensiun dan sekarang menjadi duta LaLiga Spanyol.

Robinho

Selepas Zidane pensiun, Robinho membantu Real Madrid menjuarai LaLiga Spanyol pada musim 2006/07 dan 2007/08. Setelah itu, Robinho pun hengkang ke Manchester City, AC Milan sebelum akhirnya kini ia diketahui berada di klub Turki, Istanbul Besaksehir.

Raul

© Getty Images
Raul Gonzalez (kiri/legenda Real Madrid) dan Xavi Hernandez (legenda Barcelona). Copyright: Getty ImagesRaul Gonzalez (kiri/legenda Real Madrid) dan Xavi Hernandez (legenda Barcelona).

Setelah meninggalkan Real Madrid di tahun 2010 sebagai legenda dengan torehan 228 gol dalam 550 pertandingan, Raul memilih untuk bergabung dengan Schalke 04. Saat ini, Raul diketahui sedang menjadi pelatih Real Madrid Castilla.

Itulah kabar terkini dari skuat Los Galacticos Real Madrid di laga terakhir Zidane pensiun, ada yang sukses, tapi ada juga yang masih bermain hingga saat ini.