Liga Indonesia

Pemain Persib Memiliki Sikap Saling Menghargai

Jumat, 8 Mei 2020 12:22 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain tim sepak bola Persib Bandung memiliki rasa saling menghargai yang sangat tinggi, hal itu bisa terlihat saat bulan Ramadan. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain tim sepak bola Persib Bandung memiliki rasa saling menghargai yang sangat tinggi, hal itu bisa terlihat saat bulan Ramadan.

INDOSPORT.COM - Pemain tim sepak bola Persib Bandung memiliki rasa saling menghargai yang sangat tinggi, hal itu bisa terlihat saat bulan Ramadan. Pemain muslim yang menjalankan ibadah puasa, tetap berlatih secara normal bersama pemain nonmuslim. 

Penjaga gawang Persib, I Made Wirawan menuturkan besarnya rasa menghormati dan menghargai sesama pemain di tim berjuluk Maung Bandung. Menurutnya, rekan-rekannya yang menjalankan ibadah puasa, tidak mempermasalahkan pemain nonmuslin untuk minum saat latihan.

Meski begitu, Made yang bergama Hindu punya cara tersendiri untuk minum saat latihan, agar tidak terlihat oleh rekan-rekannya yang sedang menjalankan ibadah puasa. 

"Pasti kita ngumpet-ngumpet, kadang di balik tiang (gawang), kadang pura-pura tiduran tapi minum. Kan gak enak sama teman-teman, kita ngomong juga sama teman, ini (minum) gak apa-apa ya," ucap Made saat live di Instagram bersama Telkomsel beberapa hari lalu. 

Sedangkan pemain lainnya menurut Made, jika ingin minum biasanya membelakangi pemain yang sedang berpuasa. Hal itu dilakukan, agar rekan-rekannya yang berpuasa tidak merasa terganggu. 

"Kita gak mungkin di depan mereka, ke belakang sambil tiduran minum. Kalau yang lain biasanya ke pinggir, kalau enggak (sambil) jongkok," ungkap penjaga gawang asal Gianyar, Bali ini. 

Sementara itu, aktivitas tim Persib pada Ramadan kali ini diliburkan, setelah kompetisi Liga 1 2020 dihentikan sementara oleh PSSI sejak pertengahan Maret lalu. 

Sehingga, saat ini pemain Persib hanya berlatih mandiri di kediamannya masing-masing untuk menjaga kebugaran. Meski begitu, menurut Made komunikasi pemain, pelatih dan official tim tetap terjaga.