Liga Indonesia

Persib dan Madura United jadi Tim Terbaik Saat Ramadan di Liga 1

Kamis, 7 Mei 2020 21:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Media Officer Persib
Persib Bandung dan Madura United dinobatkan sebagai tim terbaik selama Liga 1 2017-2020 edisi bulan puasa. Copyright: © Media Officer Persib
Persib Bandung dan Madura United dinobatkan sebagai tim terbaik selama Liga 1 2017-2020 edisi bulan puasa.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung dinobatkan sebagai tim dengan pertahanan terbaik selama Liga 1 2017-2020 edisi bulan puasa. Maung Bandung mencatatkan persentase paling rendah dalam hal kebobolan berdasarkan catatan Statoskop.

Dari data yang tercatat, Persib hanya kebobolan lima gol dalam sepuluh laga yang telah dilakoni selama Liga 1 edisi bukan ramadan. Artinya, tim juara Indonesia Super League (ISL) 2014 itu hanya kebobolan satu gol dalam dua laga atau 0,50 rasionya.

Di tempat kedua ada PSM Makassar dengan rasio 0,67 atau kebobolan delapan gol dalam 12 laga. Posisi ketiga dihuni oleh Persija Jakarta dengan rasio 0,72 (8 gol dari 11 laga), lalu berikutnya Bali United dengan rasio 0,92 (11 gol dari 12 laga) dan diperingkat kelima hingga tujuh, berturut-turut ada nama Arema FC, PSS Sleman dan Kalteng Putra.

Sementara itu, Madura United dinobatkan sebagai klub tersebur selama Liga 1 edisi ramadan. Tim Sapeh Kerab mencetak 24 gol dari 12 laga yang dijalani.

Tercatat ada 11 pemain berbeda yang menorehkan gol untuk Madura United, baik yang masih berada di klub saat ini maupun telah hengkang. Posisi pertama ditempati oleh Greg Nwokolo dengan lima gol, lalu berikutnya ada Peter Odemwingie dengan empat gol dan Beto Goncalves dengan tiga gol.

Selanjutnya, ada empat pemain yang masing-masing mencetak dua gol yakni Slamet Nur Cahyo, Aleksandar Rakic, Bayu Gatra dan Alberto de Paula. Empat gol tersisa lainnya dicetak oleh empat nama berbeda yaitu Andik Vermansah, Fandi Eko Utomo, Boubacar Sanogo dan Fabiano Beltrame.

Catatan di atas sejatinya masih bisa bertambah atau berubah pada musim ini. Sayangnya, Liga 1 2020 edisi ramadan batal digelar karena pandemi virus corona.