Liga Indonesia

Terbengkalai, Gedung Lama PSMS Medan Bakal Direnovasi?

Minggu, 10 Mei 2020 09:09 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Lanjar Wiratri
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Gedung PSMS Medan yang dibangun 1955 silam. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Gedung PSMS Medan yang dibangun 1955 silam.

INDOSPORT.COM - Sebelum berkantor di komplek Stadion Kebun Bunga, Medan, PSMS Medan lebih dulu berkantor di gedung lama mereka yang berada di Jalan Veteran, Medan. Namun gedung yang dibangun pada 1955 silam itu kini nasibnya sangat memprihatikan.

Sebab, gedung yang dibangun atas sumbangsih para pemain PSMS era 1950-an ini sudah lama terbengkalai.

Bahkan di periode awal 2000-an, gedung ini juga sempat diwacanakan bakal direnovasi, namun belum terealisasi. Kini kembali muncul wacana gedung tersebut bakal direnovasi.

"Ya rencana bakal diperbaiki karena itu gedung sejarah. Kami sudah koordinasi juga dengan Dispora Sumut dan Pemkot Medan. Mungkin setelah Covid-19 ini coba kita perbaiki dan mudah-mudahan lancar semua," kata Sekretaris klub PSMS, Julius Raja, Sabtu (09/05/20).

Kendati demikian, sebut Julius, pihaknya belum mengetahui akan dijadikan apa andai gedung ini setelah benar-benar direnovasi. Selain itu pihaknya mengakui butuh biaya yang tak sedikit untuk perawatan usai direnovasi.

"Kalau gedung ini renovasi, tentu harus kita pikirkan juga untuk apa gedung ini nantinya. Mungkin bisa saja dibuat kantor, tempat kumpul mantan pemain atau tempat lainnya. Ini masih kita pikirkan," sebutnya.

"Tentu pastinya kalau gedung ini direnovasi tentu tak sedikit untuk biaya maintenance-nya dan harus dipikirkan juga tiap bulannya. Makanya ini coba kita pikirkan bersama dengan Pemko Medan," tutup Julius.

Sebagai informasi, setelah tak lagi gunakan gedung tersebut, sekertariat PSMS pindah ke Komplek Stadion Kebun Bunga (aset Pemko Medan) bersamaan dengan menggunakan fasilitas lainnya seperti mes pemain serta tempat latihan mulai pada 1972 silam.