Liga Indonesia

Pelatih PSM Cerita Kehidupannya di Malaysia Selama Pandemi Corona

Senin, 11 Mei 2020 09:50 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Official PSM Makassar
Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, saat sesi jumpa pers pra laga kontra Persita Tangerang di ajang Shopee Liga 1 2020. Copyright: © Official PSM Makassar
Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, saat sesi jumpa pers pra laga kontra Persita Tangerang di ajang Shopee Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Pelatih klub Liga 1 2020 PSM Makassar, Bojan Hodak, menceritakan kehidupan sehari-harinya di Malaysia selama pandemi virus corona yang menyerang seluruh dunia.

Saat ini, Hodak bersama keluarganya di Ibu Kota Malaysia, Kuala Lumpur. Pelatih sepak bola asal Kroasia ini telah meninggalkan Indonesia beberapa hari setelah Liga 1 2020 dihentikan pada 16 Maret.

Hodak memilih kembali ke Negeri Jiran yang merupakan rumah keduanya setelah Kroasia. Sebab PSM juga telah menghentikan seluruh aktivitas klub, termasuk latihan rutin para pemain.

"(Pemerintah) Malaysia mengunci semua akses, kami hanya bisa berbelanja. Di rumah, kami menghindari setiap orang di kamarnya dengan tablet," ungkap Hodak seperti yang dikutip INDOSPORT dari media Kroasia, Jutarnji.

Lebih lanjut, Hodak mengaku akan menghabiskan hari-harinya setelah memutuskan pensiun sebagai pelatih sepak bola kelak di Malaysia. Ia pun memilih Pulau Penang sebagai tempat peristirahatannya.

"Saya membeli sebuah apartemen di Pulau Penang. Ketika saya harus memilih tempat terbaik untuk pensiun, Penang selalu berada di antara salah satu pilihan," tutur eks pelatih Johor Darul Takzim ini.

"Pantai berpasir, murah untuk ditinggali, dan keamanan luar biasa. Sebagian besar orang Inggris, Cina, Singapura, dan Australia memilih izin tinggal permanen di sana," tambah Hodak lagi.

Hingga berita dibuat, Malaysia merupakan negara ke-51 di dunia dengan kasus positif Covid-19, yakni sebanyak 6.656 pasien. Untuk skala Asia Tenggara, Malaysia berada di peringkat keempat.