In-depth

Nottingham Forest, Juara Liga Champions di Ambang Promosi Liga Inggris

Selasa, 12 Mei 2020 14:20 WIB
Editor: Coro Mountana
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Nottingham Forest, Juara Liga Champions di Ambang Promosi Liga Inggris Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Nottingham Forest, Juara Liga Champions di Ambang Promosi Liga Inggris

INDOSPORT.COM – Nottingham Forest, mantan juara Liga Champions yang saat ini tengah berada di ambang promosi Liga Inggris.

Sejak berdiri 155 tahun yang lalu, Nottingham Forest sejatinya lebih banyak berkutat di kasta bawah Liga Inggris. Bahkan di musim ini saja, Nottingham Forrest diketahui tengah berkutat di kasta kedua Liga Inggris.

Meski begitu, Nottingham Forest boleh berbangga karena pernah menjuarai Liga Champions sebanyak 2 kali berturut-turut. Sebuah pencapaian yang bahkan melebihi Chelsea, Manchester City hingga Arsenal dalam jumlah gelar Liga Champions.

Menariknya, di musim ini, Nottingham Forest tengah berada di ambang promosi ke Liga Inggris. Sebelum menyaksikan perjuangan Nottingham Forest meraih tiket promosi, ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu bagaimana klub kasta bawah itu bisa sampai juara Liga Champions.

Ketika Nottingham Forest Jadi Juara Liga Champions

Semua itu dikarenakan berkat andil pelatih bertangan dingin bernama Brian Clough, yang memungkinkan Nottingham Forest bermimpi jadi juara Liga Champions. Padahal pada saat kedatangan Brian Clough pada 6 Januari 1975, Nottingham Forest berada di papan bawah kasta kedua Liga Inggris.

Akan tetapi, pelatih yang sudah terbukti daya magisnya saat membawa tim tingkat kecamatan seperti Derby County juara Liga Inggris itu tidak menyerah. Ia pelan-pelan membangun Nottingham Forest dengan memanggil sahabatnya, Peter Taylor untuk membantunya sebagai asisten pelatih.

Peter Taylor sebagai ahli di bursa transfer, sedangkan Brian Clough yang sudah menjadi pakar soal taktik dan motivasi tim menjadi duet yang akan selalu dikenang Nottingham Forest. Bagaimana tidak, duet Taylor-Clough sukses membawa Nottingham Forest promosi ke Liga Inggris.

Lebih luar biasa lagi, Brian Clough sukses mengantarkan Nottingham Forest juara Liga Inggris dengan status tim promosi, sebuah prestasi yang sangat sulit diulangi. Tak hanya itu, Nottingham Forest juga sempat mencatatkan rekor tak terkalahkan di Liga Inggris sebanyak 42 laga.

Rekor yang pada akhirnya dipecahkan oleh Arsenal pada 2004, sebulan sebelum Brian Clough meninggal dunia. Akan tetapi puncak kejayaan Brian Clough terjadi dua musim setelahnya ketika Nottingham Forest juara Liga Champions.

© UEFA.com
Brian Clough Copyright: UEFA.comBrian Clough

Tak pernah terbayangkan sebelumnya, bagaimana bisa klub kasta kedua, di papan bawah pula, bisa jadi juara Liga Champions dalam kurun waktu 5 tahun. Tak hanya sekali, Brian Clough membawa Nottingham Forest juara 2 kali Liga Champions secara berturut-turut.

Nottingham Forest pun saat itu diperkuat sejumlah pemain bintang seperti kiper Inggris yang bakal dibobol Diego Maradona dengan gol tangan Tuhan, Peter Shilton dan John McGovern. Sayangnya setelah memenangi Liga Champions untuk yang kedua kalinya, Clough membuat blunder.

Bersama asistennya Peter Taylor, Nottingham Forest menjual barisan pemain bintangnya demi mendapat keuntungan dan mencoba membangun tim baru. Sayangnya, para pemain muda seperti Ian Wallace, Raimondo Ponte dan Justin Fashanu tidak pernah bisa bawa Forest juara.

Sesaat itu juga, Brian Clough pun ditinggal oleh Peter Taylor akibat pertengkaran hebat yang membuat mereka tak saling berbicara satu sama lain hingga lebih dari sedekade. Nottingham Forest pun memasuki masa kelam karena Clough tak bisa bekerja tanpa Taylor.

Akan tetapi Clough tetaplah pelatih jenius, ia berhasil membuat Nottingham Forest tetap bertahan di kasta teratas Liga Inggris hingga 1993 dan sempat memenangi dua kali Piala Liga Inggris. Setelah Clough meninggalkan Nottingham Forest, klub pun mengalami masa yang sangat suram.

Naik turun antara kasta utama dan kasta kedua hingga berujung degradasi ke divisi 3 Liga Inggris. Pada akhirnya, kesempatan untuk benar-benar membangkitkan sekali lagi Nottingham Forest terbuka lebar pada musim ini.

Di Ambang Promosi Liga Inggris

© Nathan Stirk/Getty Images
Selebrasi pemain Nottingham Forest usai merayakan gol pertama untuk tim mereka. Copyright: Nathan Stirk/Getty ImagesSelebrasi pemain Nottingham Forest usai merayakan gol pertama untuk tim mereka.

Ditangani oleh Sabri Lamouchi, Nottingham Forest berada di ambang promosi ke kasta teratas Liga Inggris musim ini. berada di posisi kelima membuat Nottingham Forest setidaknya bisa meraih tiket play off promosi Liga Inggris.

Bermodalkan materi pemain yang tak terlalu buruk seperti Ben Watson (pahlawan kemenangan Wigan Athletic saat mengalahkan Manchester City di final Piala FA) dan eks bintang Tottenham Hotspur, Michael Dawson, Nottingham Forest menargetkan promosi ke Liga Inggris.

Bermain di kasta teratas Liga Inggris adalah hal wajib bagi Nottingham Forest yang menjadi satu-satunya tim pernah juara Liga Champions tapi terperangkap di kasta bawah. Menarik untuk menantikan mantan juara Liga Champions, Nottingham Forest mencoba untuk promosi ke Liga Inggris, sanggup?

1