Penyerang Timnas Hong Kong Bantu Korban Covid-19 di Brasil

Rabu, 13 Mei 2020 11:18 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© PSM Makassar
Penyerang Tim Nasional Hong Kong yang pernah membela PSM Makassar di ajang Liga 1 2018 silam, Alessandro Ferreira Leonardo, turut membantu korban Covid-19 di negara kelahirannya, Brasil. Copyright: © PSM Makassar
Penyerang Tim Nasional Hong Kong yang pernah membela PSM Makassar di ajang Liga 1 2018 silam, Alessandro Ferreira Leonardo, turut membantu korban Covid-19 di negara kelahirannya, Brasil.

INDOSPORT.COM - Penyerang Tim Nasional Hong Kong yang pernah membela PSM Makassar di ajang Liga 1 2018 silam, Alessandro Ferreira Leonardo, turut membantu korban Covid-19 di negara kelahirannya, Brasil.

Sekadar informasi, pesepak bola yang akrab disapa Sandro ini lahir di Rio Novo, Brasil, pada 10 Maret 1987 silam namun memiliki paspor Hong Kong sehingga bisa memperkuat timnas negara tersebut.

Meski telah menjadi warga negara Hong Kong dan telah lama menetap di sana, penyerang berkepala plontos ini nyatanya tidak serta merta melupakan tanah leluhurnya di Brasil.

Baru-baru ini, Sandro turut membantu para korban Covid-19 di Brazil seperti yang terlihat dalam beberapa foto yang ia unggah melalui akun Instagram pribadinya, @osandro9.

"Sukarelawan adalah cara ampuh untuk memperkuat kebahagiaan kita sendiri dan orang lain di sekitar. Kita dapat membantu orang lain, keluarga, teman, rekan, atau tetangga. Mereka bisa tua atau muda, berada di sekitar atau jauh," tulis Sandro.

"Menyumbang bukan hanya tentang memberi uang, jadi kamu tidak harus kaya. Menyumbang kepada orang lain bisa sesederhana kata, senyum atau sikap yang baik hati. Bisa memberikan waktu, kepedulian, keterampilan, kepedulian, dan perhatian," tulis ia lagi.

Sandro mengaku sangat prihatin dengan banyaknya orang yang kehilangan mata pencaharian akibat wabah pandemi Covid-19 ini yang muncul pertama kali di Wuhan, China, pada akhir tahun lalu.

"Pelaksanaan karantina dan langkah-langkah jarak sosial mengakibatkan PHK dan kurangnya pendapatan yang tidak dapat dihindari. Sayangnya, kita tidak dapat mengubah situasi di dunia, tetapi kita dapat membantu dunia orang lain," tulis Sandro lagi.

Penyerang yang saat ini memperkuat Eastern SC Hong Kong ini sejatinya tak hadir langsung membagikan paket kepada masyarakat di Brasil, melainkan hanya membantu rekan-rekannya di sana dalam bentuk finansial.

"Saya harap bahwa aksi solidaritas ini dapat menyebar ke semua orang. Jika setiap individu melakukan sedikit, kita tentu akan mengubah hidup dan meringankan rasa sakit keluarga yang ada di masa-masa sulit ini," tulisnya.

Sebagaimana diketahui, Sandro memperkuat PSM sejak jendela transfer paruh musim Liga 1 2018 silam. Selama berjersey merah marun Pasukan Ramang, ia membukukan empat gol dan dua assist dari 11 laga.