Liga Indonesia

Mirip Kiper Liverpool, 3 Kiper Indonesia Ini Bisa Cetak Assist

Kamis, 14 Mei 2020 21:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© baliutd.com
Dalam kompetisi Liga 1, terdapat sejumlah kiper yang secara mengejutkan mampu memberikan assist ke rekannya untuk mencetak gol. Copyright: © baliutd.com
Dalam kompetisi Liga 1, terdapat sejumlah kiper yang secara mengejutkan mampu memberikan assist ke rekannya untuk mencetak gol.

INDOSPORT.COM - Tugas seorang kiper adalah menjaga gawangnya tidak kebobolan dalam sebuah laga. Namun, ada beberapa kiper ternyata mampu mencetak gol hingga assist seperti yang dilakukan tiga pemain Liga 1.

Menurut catatan Labbola, kiper pertama yang mencetak assist adalah Shahar Ginanjar pada 2018 lalu. Ketika itu, ia masih membela PSM Makassar dan melakukannya saat laga away melawan Barito Putera pada 16 Aril 2018.

Shahar memberikan umpan untuk gol Ferdinand Sinaga pada menit ke-29. Sayangnya, dalam laga itu PSM kalah tipis 1-2 dan Shahar terpaksa dipinjamkan ke Persija Jakarta.

Kiper berikutnya yang membuat assist adalah Miswar Saputra. Ia melakukannya ketika masih berseragam Persebaya Surabaya pada Liga 1 2018 lalu.

Ketika itu, Miswar memberikan umpan manja untuk gol David da Silva pada menit ke-59 ke gawang Mitra Kukar pada 22 September 2018. Kiper yang kini kembela PSM Makassar itu mengaku sangat bahagia bisa membantu timnya menang 4-1 saat itu.

"Saat itu saya lihat momennya dia (David Da Silva) posisinya bagus, ya saya langsung long ke depan," jelas Miswar mengenai aksinya.

Kiper ketiga yang mampu menciptakan assist adalah Wawan Hendrawan. Andalan Bali United itu membantu Stefano Lilipaly untuk membobol gawang Persib Bandung pada menit ke-79 pada Liga 1 2019.

Assist Wawan dan gol Lilipaly kemudian membawa Bali menang dengan skor 3-2 atas Persib. Pada akhir kompetisi, Wawan juga berhasil membawa Bali juara liga untuk pertama kalinya.

Aksi ketiga kiper Indonesia di atas, mengingatkan pada aksi kiper Liverpool, Allison Becker pada Januari 2020 lalu. Kiper asal Brasil itu membuat sebuah assist untuk gol Mohammed Salah ke gawang Manchester United.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%