Liga Indonesia

Teco Usulkan Format Baru Liga 1 2020

Kamis, 14 Mei 2020 09:26 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Lanjar Wiratri
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, punya usulan jika kompetisi Liga 1 2020 dilanjutkan. Pelatih asal Brasil ini menilai format satu putaran lebih realistis. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, punya usulan jika kompetisi Liga 1 2020 dilanjutkan. Pelatih asal Brasil ini menilai format satu putaran lebih realistis.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, punya usulan jika kompetisi Liga 1 2020 dilanjutkan. Pelatih asal Brasil ini menilai format satu putaran lebih realistis.

Sejauh ini, PSSI memang belum mengambil keputusan. Dari hasil rapat komite eksekutif (Exco) PSSI, Selasa (12/05/20), PSSI tetap pada keputusan awal bahwa nasib liga baru ditentukan pada 29 Mei mendatang.

Tanggal tersebut merupakan batas masa darurat yang ditentukan pemerintah. Bila masa darurat tak diperpanjang oleh pemerintah, kompetisi Liga 1 bisa dilanjutkan lagi.

Teco pun punya saran agar kompetisi bisa jalan dalam waktu singkat. Format satu putaran, dilanjutkan babak 8 besar hingga final akan memangkas jumlah pertandingan. Format ini bisa jadi opsi dari pada menggelar turnamen.

"Liga lebih bagus (daripada turnamen), tapi mungkin formatnya beda. Bisa main satu putaran saja, tiga tim posisi terbawah degradasi. Delapan tim teratas bisa main 8 besar, kemudian 4 besar dan final. Lebih sedikit pertandingan daripada main dua putaran," ucap Teco, Rabu (13/05/20).

Teco punya keyakinan besar jika kompetisi Liga 1 bisa dilanjutkan. Hal ini berkaca pada keputusan negara-negara lain. Vietnam akan mulai akhir bulan ini. Sementara Thailand akan mulai bulan September.

Sementara di Eropa ada Jerman yang akan mulai pekan ini. Lalu di Portugal kompetisi akan digelar pada 1 Juni 2020. Teco yakin Liga 1 akan dilanjutkan, tapi tanpa penonton.