Bola Internasional

Reaksi Beragam Pemain dan Manajer Bundesliga soal Laga Tanpa Fans

Minggu, 17 Mei 2020 15:00 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Yohanes Ishak
© Martin Meissner/Pool via Getty Images
Akhirnya salah satu kompetisi top Eropa yakni Bundesliga Jerman 2019/2020 berhasil bergulir kembali dengan pada Sabtu (16/5/2020) namun tanpa penonton. Copyright: © Martin Meissner/Pool via Getty Images
Akhirnya salah satu kompetisi top Eropa yakni Bundesliga Jerman 2019/2020 berhasil bergulir kembali dengan pada Sabtu (16/5/2020) namun tanpa penonton.

INDOSPORT.COM - Akhirnya salah satu kompetisi top Eropa yakni Bundesliga Jerman 2019/2020 berhasil bergulir kembali pada Sabtu (16/5/2020) malam WIB kemarin.

Meski kembali bergulir, namun operator Bundesliga Jerman masih melarang seluruh pertandingan disaksikan oleh penonton demi terhindar dari virus corona.

Pada Sabtu (16/5/2020) tadi malam telah sukses menggelar enam pertandingan yang merupakan laga tunda pekan ke-26. Masih ada tiga pertandingan lagi yang akan digelar pada Minggu dan Senin besok.

Dilansir dari Standard, banyak tanggapan dari pemain hingga pelatih yang merasa kesulitan dalam menjalani laga tanpa suporter. Namun ada yang menganggap situasi ini sama saja dan malah tidak membuat grogi.

Seperti kiper Borussia Dortmund, Roman Burki, mengatakan tidak masalah bila laga digelar tandap penonton.

"Ini tidak berbeda dengan permainan yang kami mainkan ketika kami masih anak-anak. Tanpa penonton, hanya bersenang-senang. Kamu bisa melihat bahwa itulah yang terjadi untuk tim," kata Roman Burki.

Berbeda pendapat dengan rekan setimnya, yakni penyerang Dortmund, Julian Brandt yang merasa sedikit kesulitan karena tidak adanya semangat dari para fan. Namun ia menegaskan harus bisa beradaptasi dengan keadaan.

"Kita semua perlu beradaptasi. Tetapi dalam situasi seperti ini, anda harus mencoba dan bersenang-senang. Dan kami melakukannya kadang-kadang," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre, beranggapan cukup aneh karena biasanya ada sorak sorai para suporter di belakang gawang.

"Tidak ada suara. Anda menembak ke gawang, Anda membuat umpan yang bagus, Anda mencetak gol, dan tidak ada yang terjadi. Ini sangat, sangat aneh," kata Lucien Favre.

Yang terakhir ada tanggapan dari pelatih Freiburg, Christian Streich. Ia menyatakan kesedihannya karena kualitas permainan para pemain bisa berkurang karena tidak ada dukungan dari fans.

"Jelas, sangat menyedihkan para penggemar tidak bisa menonton pertandingan, bahwa kami tidak bisa bertemu dan pergi ke pertandingan dan memainkan pertandingan ini bersama," ujar Christian Streich.

"Ini bukan sesuatu yang bisa berlangsung tanpa batas. Tapi di bawah kondisi ini saya tidak mengharapkan penurunan kualitas karena kurangnya penggemar dan kami tidak melihat itu," tuturnya menambahkan.