Liga Indonesia

Tiga Gol di Luar Nalar dari Tengah Lapangan dalam Liga Indonesia

Minggu, 17 Mei 2020 05:56 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
© Twitter/@Liga1Match
Logo Liga 1. Copyright: © Twitter/@Liga1Match
Logo Liga 1.

INDOSPORT.COM – Sejumlah gol di luar nalar dari tengah lapangan sempat terjadi di sepak bola Indonesia. Berikut tiga diantaranya.

Gol dari tengah lapangan, selalu menjadi hal spesial dalam pertandingan sepak bola. Baik itu di Eropa maupun di Indonesia.

Alasan utamanya tentu karena gol tendangan dari tengah lapangan bukanlah sesuatu yang sering terjadi dalam sebuah pertandingan. Selain itu dengan proses yang pasti berlangsung dengan cepat, sudah pasti bukalah pemain sembarangan yang bisa menciptakan gol yang cukup di luar nalar tersebut.

Bukan hanya butuh sekadar skill, sang pemain juga perlu inteligensi permainan yang luar biasa. Dalam membaca situasi, posisi kiper lawan dan juga seberapa besar tenaga yang dibutuhkannya untuk menendang bola.

Dengan kemampuan tersebut, pada dasarnya bukan hanya pemain-pemain yang sudah malang melintang bermain di Eropa saja yang bisa mencetak gol dari tengah lapangan.

Sebab seperti yang sudah terjadi, ada juga beberapa pemain di Indonesia yang bisa menciptakan gol dari tengah lapangan. Siapa saja mereka dan bagaimana golnya? Berikut INDOSPORT merangkumkan beberapa diantaranya yang baru terjadi belakangan ini.

Bruno Matos

Pada pekan ke-28 Liga 1 2019, mantan pemain Persija Jakarta, Bruno Matos menjadi salah satu bintang dengan gol tendangan dari tengah lapangannya untuk Bhayangkara FC.

Gol yang dicetak Bruno Matos tersebut terjadi ke gawang Madura United yang dikawal Satria Tama, kala pertandingan baru berjalan menit ke-5.

Dalam prosesnya, Bruno Matos yang mendapatkan bola di area lapangannya sendiri, tanpa berlama-lama Bruno langsung melepaskan tendangan dari jauh. Saat melihat Satria Tama berada dalam posisi yang cukup maju.

Tendangan Bruno Matos memang tak langsung menghujam ke gawang, melainkan sempat menyentuh tanah dulu. Tapi lantaran arahnya yang cukup tinggi dengan kecepatan luar biasa, bola tersebut tetap tak bisa dijangkau Satria Tama dan masuk ke gawang Madura United.

Louise Parfait

Di Liga 1 2019, juga sempat terjadi gol di luar nalar dari tengah lapangan lainnya yang di cetak oleh pemain TIRA Persikabo, Louise Parfait.

Gol tersebut dicetak Parfait saat Tira-Persikabo meraih kemenangan 2-1 atas Arema FC pada lanjutan pekan keenam Liga 1 2019, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (29/06/19).

Meski secara jarak tak lebih jauh dari gol tengah lapangan Bruno Matos, gol Louise Parfait ini menjadi lebih spesial karena merupakan gol penentu kemenangan yang terjadi di menit krusial akhir pertandingan, 90+3.

Dalam prosesnya, Parfait memanfaatkan bola liar yang lepas dari kaki pemain Arema FC. Saat mendapatkan bola, pemain asal Nigeria sempat sedikit melihat posisi kiper Arema FC dan tanpa berlama-lama langsung melambungkan bola mengarah ke gawang.

Kiper yang sudah mati Langkah itupun kemudian sampai terjatuh saat mencoba menjangkau bola. Meski akhirnya gagal dan berbuah gol cantik dari tengah lapangan Louise Parfait.

Mbida Messi

Yang terlahir memang bukan gol yang terhitung baru. Namun jika bicara gol dari tengah lapangan, rasanya sulit untuk melupakan gol penggawa Persib Bandung, Mbida Messi.

Gol tersebut diciptakan Mbida Messi kala memperkuat Persib Bandung di Piala Menpora 2013 melawan klub asal Australia, Central Coast Mariners (CCM),  pada 24 September 2013. Saat itu dengan skill luar biasanya Mbida Messi mecetak gol yang membuat Persib balik memimpin 2-1 atas CCM.

Dalam prosesnya gol Mbida Messi memang sangat mengejutkan. Selain karena posisinya yang masih di area lapangan, kala itu di hadapan Messi sebenarnya juga masih ada beberapa pemain CCM yang coba menjegalnya.

Namun lantaran insting luar biasa yang dipadukan dengan kemampuan hebatnya, Messi langsung menghujamkan bola, tanpa ampun masuk ke gawang CCM yang dikawal oleh kiper Justine Pasfield.

Meski akhirnya gagal menghadirkan kemenagan untuk Persib di laga itu, karena hanya berakhir imbang 3-3. Gol spektakuler Mbida Messi bahkan sempat mendapatkan beberapa perhatian dari media internasional.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%