Bola Internasional

Ingin Gabung Liverpool, Xiamaro Thenu Batal Bela Timnas Indonesia?

Selasa, 19 Mei 2020 17:01 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Xiamaro Thenu, pemain keturunan Indonesia di Eropa, diketahui memiliki keinginan untuk bergabung dengan klub raksasa Liga Inggris, Liverpool. Copyright: © INDOSPORT
Xiamaro Thenu, pemain keturunan Indonesia di Eropa, diketahui memiliki keinginan untuk bergabung dengan klub raksasa Liga Inggris, Liverpool.

INDOSPORT. COM - Xiamaro Thenu, pemain keturunan Indonesia di Eropa, diketahui memiliki keinginan untuk bergabung dengan klub raksasa Liga Inggris, Liverpool. Apakah hal itu bakal membuatnya batal bela Timnas Indonesia?

Nama Xiamaro Thenu merupakan pemain berdarah Maluku yang merumput di Belanda. Musim depan, Xiamaro Thenu akan bermain untuk klub top Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem.

Baru berusia 15 tahun, Xiamaro tentu masih memiliki perjalanan panjang dalam karier sepak bolanya. Meski begitu, Xiamaro sudah memiliki keinginan yang menjadi target besarnya.

Xiamaro mendambakan suatu hari nanti bermain untuk klub raksasa Liga Inggris, Liverpool. Ia selalu terkagum setiap kali melihat atmosfer di Anfield Stadium, dan baginya pasti akan sangat menyenangkan bila bisa memperkuat The Reds.

"Klub impianku adalah Liverpool. Mereka (Liverpool) punya suasana stadion yang luar biasa," ujar Xiamaro kepada INDOSPORT.

"Saya mengunjungi Anfield Stadium tahun lalu. Ketika para suporter di tribun bernyanyi, saya merasa begitu bersemangat," lanjut Xiamaro.

Tak salah bila Xiamaro bermimpi gabung Liverpool. Asalkan bisa terus mengembangkan bakatnya secara maksimal, Xiamaro bukan mustahil mampu mewujudkan keinginannya membela Liverpool pada masa yang akan datang.

Permasalahannya, Xiamaro sebelumnya mengungkap bahwa dirinya juga ingin membela Timnas Indonesia. Sedangkan jika melihat posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA, mungkin bakal menyulitkan langkah Xiamaro menuju Liverpool.

Maklum, tidak sembarangan pemain bisa mentas di Liga Inggris. Otoritas sepak bola Liga Inggris mewajibkan pemain asing yang datang harus berasal dari negara 70 besar ranking FIFA.

Indonesia saat ini peringkatnya cuma bisa menduduki urutan 173 dunia. Andai suatu saat nanti Xiamaro ditawari gabung Liverpool, dan prestasi Timnas Indonesia tak mengalami peningkatan, mungkin impian berlabuh ke Anfield Stadium harus dikubur dalam-dalam.

Namun, tetap ada harapan sebenarnya bagi Xiamaro. Demi memuluskan langkah gabung Liverpool, Xiamaro memiliki opsi untuk tidak membela Timnas Indonesia, dan tetap kepada status kewarganegaraannya sekarang, Belanda.

Sepak bola Belanda kini menduduki urutan 14 ranking FIFA. Rasanya mustahil Belanda bakal keluar dari 70 besar ranking FIFA, sehingga jika Xiamaro tetap berpihak kepada Tim Oranje, impian gabung Liverpool jelas tak akan menemui kendala terkait status kewarganegaraan.

Xiamaro bisa belajar dari kisah yang dialami wonderkid Indonesia, Bagus Kahfi. Beberapa waktu lalu, Bagus Kahfi sempat diincar Arsenal, namun karena terhalang peraturan tentang 70 besar ranking FIFA, proses transfer batal terwujud.

Patut dinanti kelanjutan karier Xiamaro ke depannya. Apakah Xiamaro mampu mewujudkan impian gabung Liverpool, atau tetap setia kepada janjinya bela Timnas Indonesia?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%