Liga Indonesia

On This Day: Gol Telat Wakanda Menangkan PSM Makassar

Selasa, 19 Mei 2020 19:08 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yohanes Ishak
© freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Logo PSM Makassar. Copyright: © freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Logo PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Pada 19 Mei 2018 lalu, gol tunggal dari Guy Junior di menit akhir membuat seisi Stadion Mattoangin tumpah ruah yang tercatat menjadi salah satu laga bersejarah PSM Makassar.

Tepatnya pada pekan kesembilan Liga 1 2018, PSM menaklukkan Borneo FC dengan skor 1-0 lewat gol tunggal pemain naturalisasi yang dijuluki Wakanda, yakni Guy Junior dimenit ke-90+3, Sabtu (19/05/18).

Tuan rumah mengandalkan formasi 4-3-3 dimana trio penyerang diisi Zulham Zamrun, Bruce Djite, dan Ferdinand Sinaga yang ditopang oleh Willjan Pluim serta Marc Klok dari lini kedua.

Sedangkan tamu mengusung pakem 4-2-3-1 dengan Lerby Eliandry sebagai ujung tombak yang disokong oleh Sultan Samma, Srdan Lopicic, Titus Bonai, dan eks Real Madrid, Julian Faubert.

Laga yang dihadiri oleh 13.872 pasang mata di Stadion Andi Mattalatta tersebut berlangsung sengit dan panas sejak wasit Handri Kristanto meniup peluit tanda sepak mula.

Kedua kesebelasan tampil spartan sebab ingin meraih tiga poin, alhasil benturan demi benturan tak terelakkan lagi terjadi di atas lapangan yang membuat Handri Kristanto mengeluarkan total sembilan kartu kuning.

Panggung Nadeo Argawinata

© baliutd.com
Ilustrasi Bali United ketika memperkenalkan Nadeo Argawinata. Copyright: baliutd.comIlustrasi Bali United ketika memperkenalkan Nadeo Argawinata.

Nadeo yang saat ini memperkuat Bali United menjadikan Stadion Andi Mattalatta sebagai panggung pembuktian kualitas sebagai kiper muda berbakat di Indonesia.

Disepanjang babak pertama, Nadeo membuat dua penyelamatan krusial saat mementahkan sepakan jarak jauh Djite dimenit ke-20 dan mengamankan free kick Klok pada masa injury time.

Begitupun dimenit ke-54 saat kiper berusia 23 tahun itu dengan heroik keluar dari sarangnya untuk memotong trough pass Asnawi Mangkualam kepada kepada Zulham yang telah berdiri bebas tak terkawal.

Sementara itu, Borneo FC hanya membuat dua peluang berbahaya yang semua diborong oleh Faubert. Sayang, satu sepakan kerasnya masih dimentahkan oleh Rivky Mokodompit dan sisanya melenceng tipis.

Wakanda Jadi Pahlawan

© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Guy Junior jalani latihan bersama PSM Makassar. Copyright: Muhammad Nur Basri/INDOSPORTGuy Junior jalani latihan bersama PSM Makassar.

Menemui kebuntuan, pelatih Robert Alberts memasukkan Guy Junior dimenit ke-70 untuk menggantikan peran Zulham. Pergantian tersebut semakin menambah daya gedor PSM di sisa babak kedua.

Keputusan Robert pun berbuah manis dengan lahirnya sebuah gol yang telah dinantikan sejak awal laga dan membuat seisi Stadion Andi Mattalatta tumpah ruah dengan sorakan suporter PSM.

Guy Junior menuntaskan sebuah hadiah tendangan bebas yang diberikan oleh wasit Handri Kristanto tepat di depan kotak penalti Borneo FC pada masa injury time, tepatnya dimenit ke-90+3.

Dipercaya sebagai algojo, Wakanda melepas sepakan keras kaki kanan yang melesat kencang ke sudut kanan atas gawang Borneo FC yang seketika membuat panggung Nadeo runtuh di akhir laga.

Skor 1-0 berubah dan bertahan hingga akhir laga, PSM meraih tiga poin dan memantapkan posisi diperingkat kedua klasemen sementara Liga 1 2018, sementara Borneo FC tertahan diurutan ke-16.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%