Bola Internasional

Tujuh Pesepak Bola Terpendek di Dunia yang Menarik Perhatian

Minggu, 17 Mei 2020 14:23 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Liewig Christian/GettyImages
Benedict Vilakazi (kiri), mantan pemain Timnas Afrika Selatan. Copyright: © Liewig Christian/GettyImages
Benedict Vilakazi (kiri), mantan pemain Timnas Afrika Selatan.

INDOSPORT.COM - Cristiano Ronaldo, Zlatan Ibrahimovic, dan Diego Costa dapat dikatakan sebagai contoh pesepakbola yang memiliki tinggi badan yang ideal. Lalu bagaimanakah dengan mereka yang bertubuh pendek? Dapatkah mereka mendapat perhatian mata pecinta sepakbola dunia?

Memang tidak bisa dipungkiri jika Cristiano Ronaldo memiliki tinggi dan postur badan yang sempurna untuk pesepak bola pada masa kini. Tidak banyak pemain yang memiliki tubuh seperti dirinya, sehingga wajar Ronaldo sering mendapatkan penghargaan individu atau tampil sebagai bintang iklan dalam berbagai produk tertentu.

Beberapa pemain lainnya tentu ingin memiliki lekuk tubuh yang ideal layaknya sang megabintang Juventus tersebut. Walaupun tidak memiliki tinggi badan yang sama, setidaknya mereka memiliki bentuk badan yang menyerupai pemain berkebangsaan Portugal itu. 

Namun rupanya, cukup banyak pemain yang memiliki tinggi badan yang kurang sempurna. Meski memiliki fisik tidak ideal bagi pesepak bola, deretan pemain ini ternyata mampu menyedot perhatian mata dunia berkat aksinya yang memukau saat mengolah si kulit bundar.

Mungkin, tak sedikit yang langsung terbesit dalam benak pikiran salah satu pemain terpendek namun sukses saat ini ada pada diri gelandang klub Liga Inggris, Chelsea asal Prancis, N'Golo Kante.

© Charlotte Wilson/GettyImages
Pemain bintang klub Liga Inggris, Chelsea, NGolo Kante. Copyright: Charlotte Wilson/GettyImagesPemain bintang klub Liga Inggris, Chelsea, NGolo Kante.

Ya, Kante yang bertinggi 168cm sudah meraih banyak gelar bergengsi, seperti 2 gelar Liga Inggris, dan masing-masing satu gelar Piala FA, Liga Europa,dan Piala Dunia.

Mantan pemain Leicester City ini merupakan salah satu contoh pemain sepak bola terpendek namun punya peranan penting bagi Chelsea maupun Timnas Prancis.

© Getty Images
NGolo Kante dan Blaise Matuidi bersama trofi Piala Dunia 2018. Copyright: Getty ImagesNGolo Kante dan Blaise Matuidi bersama trofi Piala Dunia 2018.

Lalu, siapa sajakah deretan pemain sepak bola lainnya yang masuk kategori pendek namun mampu menjadi daya tarik publik? Berikut ulasannya:

1. Rui Barros

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESRui Barros, eks pemain Juventus.

Mantan pemain profesional ini pernah bermain di berbagai klub Eropa, seperti Juventus, AS Monaco, Olympique Marseille, dan FC Porto.

Dirinya juga merupakan mantan pemain timnas Portugal era 1980 hingga 1990an. Bermain sebagai gelandang serang, Rui Barros memiliki tinggi badan 160cm. Menurut catatan dari berbagai sumber, pria yang kini berusia 54 tahun ini telah mencetak 43 gol dan 191 penampilan bersama FC Porto. Bersama klub tersebut, saat ini dirinya telah dipercaya menjadi bagian dari staf kepelatihan.

2. Elton Jose Xavier Gomes

© Kogpost
Elton Gomes, pesepak bola bertinggi 154cm. Copyright: KogpostElton Gomes, pesepak bola bertinggi 154cm.

Pada tahun 2009, Elton pernah memperkuat Steaua Bucharest. Kini, dirinya bermain di Liga Arab Saudi bersama klub Al-Wehda. Tinggi badannya yang hanya 154cm, tidak menghalanginya untuk menjadi gelandang serang bersama klubnya tersebut.

Meski memiliki tubuh yang pendek, namun pemain berusia 34 tahun itu pernah dijuluki Diego Maradona-nya Arab Saudi, karena gaya bermainnya yang gesit dan lincah seperti sang legenda asal Argentina tersebut.

3. Madson Formagini Caridade

© Buda Mendes/GettyImages
Madson Formagini Caridade (kiri) saat masih bermain di Santos. Copyright: Buda Mendes/GettyImagesMadson Formagini Caridade (kiri) saat masih bermain di Santos.

Pemain berusia 33 tahun ini dikabarkan bermain untuk klub asal Brasil, Fortaleza. Memiliki tinggi badan 157cm, Formagini memiliki kemampuan menggiring bola yang cukup menawan. Ia juga dikenal dengan kelebihannya yang mampu memotong umpan dari lawan.

Di Brasil, namanya sempat mencuat kala dirinya bermain untuk Santos di tahun 2009 hingga 2011 lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
17%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
17%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
17%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%