Bola Internasional

Mengenang Perjalanan Persik di Liga Champions 2004

Rabu, 20 Mei 2020 15:07 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© shutterstock.com/wikipidea.com
Persik Kediri memulai debut level internasional, dengan berlaga cukup baik setelah finis sebagai peringkat tiga Grup F pada ajang Liga Champions Asia 2004. Copyright: © shutterstock.com/wikipidea.com
Persik Kediri memulai debut level internasional, dengan berlaga cukup baik setelah finis sebagai peringkat tiga Grup F pada ajang Liga Champions Asia 2004.

INDOSPORT.COM - Persik Kediri memulai debutnya di level internasional, dengan berlaga cukup baik setelah finis sebagai peringkat tiga Grup F pada ajang Liga Champions Asia (LCA) musim 2004.

Sebagai tim debutan, kiprah Persik sebenarnya tidak terlalu buruk. Finis sebagai peringkat tiga pun menjadi torehan lumayan, melalui koleksi 4 angka dari 6 pertandingan Grup F.

Perolehan poin itu diperoleh tim besutan Jaya Hartono menghadapi Binh Dinh. Persik mencuri satu angka dari hasil imbang 2-2 di Vietnam, serta memetik kemenangan 1-0 di Stadion Brawijaya.

Sayangnya, performa itu semakin melorot pada dua laga pemungkas. Kekalahan telak sangat akrab dengan Hamka Hamzah dkk, ketika dikalahkan Seongnam Ilhwa Chunma 0-15 dan 1-4 menjamu Yokohama Marinos.

Bahkan, kekalahan super telak kontra Seongnam menyisakan cerita buruk hingga kini. Skuat Persik sempat dituding 'menjual skor' atau 'mengalah' karena wakil Korea Selatan itu tengah membutuhkan kemenangan dengan skor besar untuk merebut juara grup.

"Kami memang murni kalah kelas dengan mereka. Buktinya, gol-gol mereka banyak dari tendangan jarak jauh," kata Siswantoro mengingat kekalahan 15 gol tanpa balas di Korea Selatan kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

"Jadi, tidak ada (mengalah). Di Korea, kami sangat sulit dengan iklim yang mencapai minus 0 derajat," sambung defender lugas yang tahun 2019 menjabat sebagai Asisten Pelatih Arema FC tersebut.

Empat kekalahan dengan hanya masing-masing meraih satu kali menang dan imbang, membuat Persik gagal lolos ke babak gugur. Persik menempati peringkat tiga dengan 4 poin, di bawah Seongnam Ilhwa Chunma dan Yokohama Marinos (15), serta unggul atas Binh Dinh (1).

Hasil pertandingan Grup F

11/02/04 Persik Kediri vs Seongnam Ilhwa Chunma 1-2

24/02/04 Yokohama Marinos vs Persik Kediri 4-0

07/04/04 Binh Dinh vs Persik Kediri 2-2

21/04/04 Persik Kediri vs Binh Dinh 1-0

11/05/04 Seongnam Ilhwa Chunma vs Persik Kediri 15-0

19/05/04 Persik Kediri vs Yokohama Marinos 1-4