Liga Inggris

Saat Gol Salto Rooney Jadi Penentu Kemenangan di Derby Manchester

Rabu, 20 Mei 2020 06:35 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Mengingat gol salto Wayne Rooney di ajang Derby Manchester Liga Inggris. Copyright: © Getty Images
Mengingat gol salto Wayne Rooney di ajang Derby Manchester Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Manchester United, Wayne Rooney, mencetak gol kemenangan atas rivalnya Manchester City di Liga Inggris musim 2011 lalu.

Wayne Rooney mencetak gol salto ketika membantu Manchester United meraih kemenangan atas rivalnya, Manchester City, di Stadion Old Trafford.

Sir Alex Ferguson yang saat itu menjadi juru racik menurunkan skuat terbaiknya tanpa Rio Ferdinand. Manchester United memimpin terlebih dahulu pada menit ke-41 ketika Ryan Giggs memberikan umpan manis kepada Nani yang dapat dikonversi menjadi gol.

Dengan gol tersebut, Manchester United akhirnya memimpin dengan skor 1-0 hingga turun minum. Babak kedua dimulai, Manchester  City menyamakan kedudukan.

Gol yang dicetak Manchester City disukseskan oleh David Silva pada menit ke-65. Prosesi gol tersebut memanfaatkan tendangan Edin Dzeko yang membentur punggung Silva dan bola memantul masuk ke gawang Manchester United.

Tak lama gol penyama kedudukan dari Manchester City, Wayne Rooney dan kawan-kawan berhasil memimpin keunggulan pada menit ke-78.

Luis Nani mengirimkan umpan silang dengan kaki kanannya yang mengarah ke kotak pinalti. Sontak Rooney yang sedang berada dalam kotak pinalti melesatkan tendangan salto yang merobek gawang Joe Hart.

Usai mencetak gol, Rooney langsung berlari ke sudut lapangan dan melakukan seleberasi dengan merentangkan kedua tangannya lalu disusul rekan yang lainnya.

Gol salto tersebut sontak membuat seluruh pendukung Manchester United bersorak gembira saat memadati Old Trafford kala itu.

Alhasil, Manchester United pun berhasil menambahkan catatan rekor mengalahkan rivalnya, Manchester City, di Liga Inggris dalam sejarah Derby Manchester.