Bola Internasional

Apa Kabar Carsten Ramelow, Bule Timnas Jerman yang Sempat Jadi Penyanyi

Kamis, 21 Mei 2020 15:48 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© Photo by Lionel Ng/Getty Images
Carsten Ramelow, eks Timnas Jerman yang sempat jadi penyanyi. Copyright: © Photo by Lionel Ng/Getty Images
Carsten Ramelow, eks Timnas Jerman yang sempat jadi penyanyi.

INDOSPORT.COM – Pada awal 2000-an legenda Timnas Jerman Carsten Ramelow selalu menjadi pusat perhatian di atas lapangan karena rambut bulenya. Apa kabar sekarang?

Buat penggemar sepak bola Jerman, nama Carsten Ramelow tentu sudah tak asing lagi di telinga. Sebab pria kelahiran 20 Maret 1974 itu merupakan salah pemain yang selalu menjadi andalan baik itu di level klub, maupun Timnas Jerman.

Di level klub, Carsten Ramelow adalah pemain yang pernah menjadi ikon klub Bayer Leverkusen bersama Michael Ballack.

Bersama Ballack, dirinya sukses membawa Bayer Leverkusen menjadi runner up Bundesliga Jerman dan Liga Champions 2001/02. Saat dikalahkan oleh Real Madrid di partai final, lewat gol tendangan voli Zinedine Zidane kala itu.

Begitupun di Timnas Jerman, dirinya hampir selalu menjadi pilihan utama di pos gelandang bertahan dan sempat sukses membawa tim panser menjadi runner up Piala Dunia tahun 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

Sepanjang kariernya, pesepak bola yang sangat mencolok dengan rambut pirang atau bule itu memang cukup sering mengalami gagal juara dan harus puas hanya membawa pulang status runner up.

Selain tiga catatan di atas. Setidaknya ada empat lagi koleksi gelar runner up dimiliki Ramelow yakni di Bundesliga Jerman 1996/97, 1997/98, 1999/00 dan juga di DFB Pokal 2001/02.

Dalam kariernya, selain 13 tahun berseragam Beyer Leverkusen hingga pensiun di tahun 2008. Carsten Ramelow hanya pernah memperkuat satu klub lainnya, yaitu Hertha Berlin pada tahun 1991 sampai 1995.

Apa Kabar Carsten Ramelow?

Ketika masih aktif sebagai pemain bola, Carsten Ramelow cukup sering terganggu dengan masalah cedera lutut hingga harus absen di banyak kesempatan.

Namun banyaknya waktu luang tersebut juga membuat Carsten Ramelow punya waktu untk menyalurkan bakat lainnya di dunia tarik suara.

Punya kemampuan bernyanyi, Carsten Ramelow sempat membuat album pada tahun 2005 dengan tajuk Sing When You’re Winning. Namun album lagu tersebut tak disebarkannya secara komersil, melainkan hanya diberikan kepada keluarga dan rekan terdekatnya.

Bakat itu juga ternyata tak dilanjutkan Carsten Ramelow pasca pensiun. Sebab dirinya justru lebih memilih untuk terjun ke dunia bisnis dengan terlibat dalam sebuah agensi bernama Die Booker.

Agensi tersebut salah satunya menyediakan jasa untuk siapapun yang mau menyaksikan pertandingan sepak bola dari tribun VIP berbagai stadion yang ada di Jerman.

Dalam menjalankan bisnisnya Ramelow mengaku tetap menekankan nilai-nilai kejujuran. Selaykanya yang pernah ditunjukannya kala masih menjadi pemain di atas lapangan.

"Saya melakukan pekerjaan yang jujur ​​di lapangan dan itulah yang juga ingin saya lakukan sekarang," katanya dikutip dari handelsblatt.

Selain terjun di dunia bisnis, Carsten Ramelow juga sempat disibukkan dengan jabatan sebagai Wakil Presiden Serikat Pemain Sepak Bola Jerman atau Vereinigung der Vertragsfußballspieler e.V. (VDV).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%