Liga Indonesia

Deretan Pemain dari Klub Liga 2 yang Direkrut PSM Makassar

Jumat, 22 Mei 2020 20:51 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media PSM
Raphael Maitimo (kiri) bersama CEO PSM Munafri Arifuddin, saat diresmikan menjadi pemain baru Juku Eja. Copyright: © Media PSM
Raphael Maitimo (kiri) bersama CEO PSM Munafri Arifuddin, saat diresmikan menjadi pemain baru Juku Eja.

NDOSPORT.COM - Klub elite Indonesia, PSM Makassar, tercatat telah mendatangkan sebanyak 48 pemain selama jendela transfer Liga 1. Di mana dua di antaranya direkrut dari klub Liga 2.

Perpindahan pemain di setiap jendela transfer menjadi bumbu tersendiri dalam dunia sepak bola. Setiap klub melakukan bongkar pasang pemain demi menyempurnakan skuat.

Mayoritas klub yang bersaing di papan atas, pasti akan mencari pemain yang telah berpengalaman di kasta tertinggi. Sebab dianggap telah memiliki mental dalam melalui atomsfer kompetisi yang sangat tinggi.

Selain itu, ada juga klub yang mencari para pemain muda potensional yang bersinar di kasta level dua atau tiga. Salah satu contohnya ialah saat Barito Putera merekrut Yakob Sayuri dari klub Liga 3.

Namun, apa jadinya jika rekrutan dari kasta level dua atau tiga tersebut bukanlah pemain muda potensional. Bahkan, usia pemain tersebut sudah tak mudah lagi saat direkrut.

Hal tersebut pernah dilakukan oleh PSM saat merekrut dua pemain yang bersasal dari klub Liga 2. Siapakah kedua pemain yang dimaksud tersebut? Berikut INDOSPORT merangkumnya.

Fauzan Jamal
Pesepak bola kelahiran Padang pada 6 Juni 1988 ini direkrut PSM dari klub Liga 2, Persijap Jepara. Fauzan bergabung pada jendela transfer awal musim Liga 1 2018 di usia nyaris 30 tahun.

Fauzan berhasil memuaskan pelatih PSM saat itu, Robert Alberts, selama mengikuti seleksi. Ia lalu disodori kontrak dengan durasi satu musim penuh oleh manajemen Pasukan Ramang.

Selama memperkuat PSM, Fauzan mengemas 13 laga diajang Liga 1 2018. Pada akhir musim, pesepak bola berposisi sebagai bek sayap kiri ini tak mendapatkan perpanjangan kontrak.

Raphael Maitimo
Selanjutnya ada pemain naturalisasi asal Belanda, Raphael Maitimo. Pemain bertipikal verstaile player ini datang ke PSM di usia 35 tahun saat jendela transfer paruh musim Liga 1 2019.

Maitimo menjalani kehidupan kedua di PSM setelah diputus kontrak oleh klub Liga 2, PSIM Yogyakarta. Ia pun mengemas 18 laga dengan torehan satu gol dan assist untuk Pasukan Ramang.

Namun di penghujung musim Liga 1 2019, Maitimo tak mendapatkan perpanjangan kontrak di PSM. Pemilik empat caps bersama Timnas Indonesia ini pun berlabuh ke klub promosi, Persita Tangerang.