Bola Internasional

Persiapan Piala Asia, Timnas U-16 Lakukan TC Virtual

Jumat, 22 Mei 2020 23:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-16 saat latihan di Lapangan Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman, Rabu (19/02/20) lalu. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-16 saat latihan di Lapangan Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman, Rabu (19/02/20) lalu.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti berencana menggelar pemusatan latihan (TC) secara virtual, sebagai persiapan menuju Piala Asia dan Piala AFF 2020. Hal itu dilakukan karena belum bisa berlatih dilakukan secara terbuka di lapangan akibat pandemi virus corona.

Tim pelatih Timnas U-16 akan mengumumkan nama-nama terpilih dan diberikan program khusus untuk diterapkan di rumah. Namun, belum diketahui secara pasti kapan TC dilakukan.

"Saya memikirkan juga untuk melakukan TC virtual. Tapi masih kami pikirkan. Selama ini kami masih latihan lewat aplikasi saja untuk menjaga kondisi saja," kata Bima.

Selama ini, para pemain Timnas U-16 dari TC sebelumnya, diberikan program latihan dari pelatih fisik saja. Hal itu semata-mata untuk menjaga fisik Marselino Ferdinan dan kawan-kawan agar tetap fit.

"Jadi belum masuk program pasti. Selama ini dari pelatih fisik saja, dan saya pikir jika TC virtual nanti digelar, menu latihannya juga dari pelatih fisik ditambah materi lain dari saya dan staf pelatih lainnya. Sementara timnas U-19 langsung dari coach Shin Tae-yong," tutur Bima Sakti.

Persiapan dini tersebut dilakukan Timnas U-16, lantaran Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyatakan agenda Piala Asia U-16 dan U-19 2020 belum ada perubahan atau masih sesuai rencana, yakni bergulir pada Oktober mendatang.

Bahkan, AFC mengagendakan pengundian grup Piala Asia U-16 dan U-19 2020 pada 18 Juni. Pengundian akan dilakukan di markas AFC, Kuala Lumpur, masing pada pukul 14:30 dan 16:30 waktu setempat.

Timnas U-16 lolos ke putaran final Piala Asia setelah merebut satu dari empat tiket runner-up terbaik. Indonesia finis di peringkat kedua Grup G di bawah China dalam kualifikasi yang digelar di Stadion Madya, Senayan, pada September 2019 lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%