Liga Indonesia

Sebelum Jadi Kiper M Natshir Sempat Ingin Jadi Pebulutangkis

Selasa, 26 Mei 2020 12:59 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Penjaga gawang Persib Bandung yang saat ini dipinjamkan ke Bandung United, Muhammad Natshir mengungkapkan perjalanannya yang sempat ingin menjadi atlet bulutangkis. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Penjaga gawang Persib Bandung yang saat ini dipinjamkan ke Bandung United, Muhammad Natshir mengungkapkan perjalanannya yang sempat ingin menjadi atlet bulutangkis.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Persib Bandung yang saat ini dipinjamkan ke Bandung United, Muhammad Natshir mengungkapkan perjalanannya yang sempat ingin menjadi atlet bulutangkis. 

Saat masih duduk di Sekolah Dasar (SD), Deden sapaan akrabnya sempat rutin berlatih bulutangkis. Hanya saja, ada kendala yang membuatnya memutuskan untuk lebih fokus bermain sepak bola. 

Deden saat kelas 3 SD, sudah bergabung dengan salah satu sekolah sepak bola (SSB) yang ada di Kota Bandung. SSB tersebut, menghasilkan banyak pemain profesional, diantaranya Eka Ramdani, Atep dan Dedi Kusnandar.

"Saya dulu masuk SSB kelas 3 SD, di UNI Bandung, Jalan Karapitan kalau sekarang di Ciwastra. Sebelum bola bulutangkis dulu, karena salah satu hobi saya," kata Deden saat live di Instagram pribadinya @deden_natshir bersama Wakil Bupati Bandung @kang.gun.gun belum lama ini. 

"Ada tidak konsisten dari pelatih, jadi orang tua mengadakan pilihan mau bulutangkis atau sepak bola dan saya putuskan sepak bola," ungkap Deden menambahkan. 

Penjaga gawang yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini menuturkan, perjuangannya menimba ilmu di SSB UNI tidak mudah. Pasalnya, jarak yang harus ditempuh dari kediamannya ke tempat latihan cukup jauh. 

"Kelas 3 SD saya dari Soreang, latihan di Bandung. Banyak pengalaman di dalam dan luar lapangan yang didapat," ucapnya. 

Setelah menimba ilmu di SSB UNI, Deden mulai mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Persib U-15 hingga akhirnya memperkuat Pelita Jaya, Arema dan akhirnya kembali ke Bandung memperkuat Persib di musim 2014. 

"U-15 masuk Persib U-15, terus masuk Timnas U-16, Persib 18 2 tahun, Persib 21 habis itu Pra PON di Semarang, habis itu mencari pengalaman di Pelita Jaya Purwakarta, setelah itu di Malang," ujar Deden. 

Peluang Deden untuk kembali ke Bandung datang di musim 2014, saat ini Persib ditangani Djadjang Nurdjaman. Kesempatan tersebut, langsung diambil olehnya.

"Dan tahun berikutnya pindah ke Persib, karena sudah kangen kampung halaman, orang tua juga mendukung dan dulu ada kesempatan," jelasnya. 

Sementara itu, saat ini Deden masih menjalani pemulihan, setelah mengalami cedera patah tulang kering (fibula dan tibia), saat Persib menghadapi Persija Jakarta pada laga tandang Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu 10 Juli 2019.