In-depth

Membandingkan Werner dan Sabitzer, Siapa Bomber Leipzig yang Lebih Dibutuhkan AC Milan?

Kamis, 28 Mei 2020 20:11 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Werner dan Sabitzer, Siapa Bomber Leipzig yang Lebih Dibutuhkan AC Milan Copyright: © INDOSPORT
Werner dan Sabitzer, Siapa Bomber Leipzig yang Lebih Dibutuhkan AC Milan

INDOSPORT. COM - Timo Werner dan Marcel Sabitzer, dua nama bomber RB Leipzig tersebut belakangan santer dikaitkan dengan klub Serie A Italia, AC Milan.

Munculnya Werner dan Sabitzer dalam daftar incaran AC Milan, sebenarnya tak lepas dari peran eks pelatih RB Leipzig, Ralf Rangnick. Manajemen AC Milan memang ingin menjadikan Ralf Rangnick sebagai pelatih anyar tim.

Ralf Rangnick lantas mengincar para mantan anak asuhnya di RB Leipzig dulu, untuk mengikuti jejaknya gabung AC Milan. Werner serta Sabitzer, jadi dua sosok terdepan yang hendak dibajak Rangnick dari RB Leipzig.

Mungkin Rangnick tak bisa serakah mendaratkan kedua nama tadi sekaligus. Demi menghemat biaya, Rangnick harus memilih salah satu antara Werner dan Sabitzer.

Redaksi berita olahraga INDOSPORT pun coba membandingkan kualitas Werner dan Sabitzer. Siapa kira-kira bomber RB Leipzig yang lebih cocok diboyong Rossoneri?

Posisi Bermain

Timo Werner dan Marcel Sabitzer memang sama-sama punya peran krusial dalam barisan penyerangan RB Leipzig. Meski begitu, Werner dan Sabitzer sebenarnya bermain di posisi yang berbeda.

Tugas Werner bagi skuat RB Leipzig adalah menjadi penyerang tengah. Werner merupakan pemain utama RB Leipzig yang punya porsi tanggung lebih untuk menjebol gawang lawan.

Sedangkan Sabitzer, sepanjang musim 2019/20, cenderung sebagai pelengkap Werner. Sabitzer memberikan suplai bola dari sisi sayap, dan tak jarang pula ditempatkan di lini tengah.

Bila berkaca kepada kondisi skuat AC Milan saat ini, mungkin Werner lebih dibutuhkan ketimbang Sabitzer. Maklum saja, bursa transfer musim panas nanti, AC Milan bakal kehilangan penyerang tengah andalannya, Zlatan Ibrahimovic, yang masa kontraknya habis.

Jika Ibrahimovic pergi, AC Milan praktis cuma memiliki dua penyerang tersisa, Rafael Leao dan Ante Rebic. Itu pun Rebic tugasnya banyak dilalui sebagai penyerang sayap atau penyerang lubang, sehingga kedatangan Werner sangat dibutuhkan. 

Sementara, AC Milan sudah memiliki beberapa bintang yang bertipe mirip seperti Sabitzer. Pemain sayap dan gelandang serang, AC Milan lebih dulu punya Samu Castillejo, Hakan Calhanoglu, serta Lucas Paqueta, yang mungkin membuat Sabitzer bakal kesulitan mendapatkan tempat utama.


Produktivitas Gol

Timo Werner dan Marcel Sabitzer sama-sama menjadi tumpuan barisan penyerangan RB Leipzig. Maka dari itu, demi mencari bomber yang lebih cocok untuk AC Milan, mari kita bandingkan produktivitas Werner dan Sabitzer dalam mencetak gol.

Merangkum data Transfermarkt, Werner sepanjang musim 2019/20, total telah menyumbangkan 30 gol dan 12 assists. Sementara Sabitzer, torehannya menyentuh angka 16 gol dan sembilan assists.

Berkaca dari data tersebut, produktivitas gol Werner jelas lebih tajam. Artinya, Werner mungkin lebih cocok untuk diboyong AC Milan ketimbang Sabitzer.