Liga Indonesia

5 Kemenangan Terbesar PSM Makassar di Liga 1

Jumat, 29 Mei 2020 15:45 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Logo PSM Makassar. Copyright: © INDOSPORT
Logo PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar merupakan salah satu klub kuat dan selalu masuk ke dalam daftar calon kuat juara Liga 1 disetiap musimnya sejak tahun 2017 silam hingga kini.

Sebagai favorit juara, makaa tak aneh lagi jika PSM Makassar menyaksikan meraih kemenangan dari hasil berpesta gol ke gawang lawan-lawannya di kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia.

Sejak Liga 1 edisi pertama pada tahun 2017 silam, terdapat lima laga yang menjadi kemenangan terbesar PSM Makassar dan berikur redaksi berita olahraga merangkumnya.

1. PSM Makassar 5-1 Persipura Jayapura
Pada laga pekan kesembilan Liga 1 2017 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sabtu (03/06/17), PSM berhasil memberondong gawang Persipura sebanyak lima kali.

Trio legiun asing milik PSM, yakni Willjan Pluim, Marc Klok, dan Reinaldo Elias da Costa mencuri panggung pada laga yang dihelat pada malam hari di pertengahan Bulan Suci Ramadhan tersebut.

Pluim mengemas satu gol dan dua assist pada laga tersebut sedangkan Klok dan Reinaldo masing-masing mengemas dua gol ke gawang Mutiara Hitam yang dikawal oleh Yoo Jae-hoon.

Kemenangan besar tersebut pun memutus rekor buruk PSM setiap kali berhadapan dengan Persipura baik kandang maupun tandang sejak era Indonesia Super League (ISL) 2008/09.

2. PSM Makassar 5-1 Persegres Gresik
Masih pada Liga 1 2017 tepatnya dipekan ke-25, Jumat (22/09/17), PSM berpesta gol ke gawang klub juru kunci, Persegres Gresik United, dengan skor akhir, yakni 5-1.

Pada laga ini, Pluim keluar sebagai bintang lapangan setelah mengemas dua gol, sedangkan Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, dan Titus Bonai masing-masing mencetak sebiji gol.

Satu fakta menarik yang terjadi pada laga ini ialah Titus Bonai yang berhasil mengakhiri puasa golnya setelah terakhir kali mencetak gol pada pekan keenam saat PSM takluk 1-2 dari PS Tira (Persikabo 1973).

3. PSM Makassar 6-1 Madura United
Pada Liga 1 2017, sangat sering menyaksikan PSM berpesta gol ke gawang lawan-lawannya, termasuk pada pekan pamungkas (34) melawan Madura United di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (12/11/17).

Setelah memastikan tersingkir dari perburuan gelar juara Liga 1 2017 pada pekan ke-33, baik PSM dan Madura United sama-sama memilih tampil lepas pada laga pamungkas tersebut.

Namun, PSM yang tak ingin terlalu mengecewakan para suporternya turun dengan kekuatan penuh dimana hal tersebut berbanding 180 derajat dengan Madura United yang didominasi pemain lapis kedua.

Alhasil, PSM berhasil meraih kemenangan telak dengan skor 6-1 berkat hattrick M Rahmat serta masing-masing satu gol dari Zulham, Titus Bonai, dan Pluim yang hanya dibalas oleh Thiago Furtuoso.

Laga ini juga menjadi comeback Rasyid Bakri yang mengalami cedera ACL sejak pra musim, namun di sisi lain juga menjadi perpisahan sang ikon PSM, Syamsul Chaerruddin yang tak memperpanjang kontrak.

4. PSM Makassar 5-1 PSMS Medan
Diajang Liga 1 2018, PSM tercatat beberapa kali berpesta gol ke gawang para kompetitornya dan salah satu kemenangan terbesar ialah terjadi pada pekan ke-34 melawan PSMS Medan.

Lagi-lagi tersingkir dari perburuan gelar juara pada pekan ke-33 Liga 1 2018, PSM tampil nothing to lose pada laga pamungkas melawan sang juru kunci, PSMS Medan di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (09/12/18).

Klok dan penyerang asing Sandro berhasil memborong dua gol ke gawang PSMS serta sisanya dihasilkan oleh Rahmat, sedangkan satu-satunya gol PSMS berasal dari sundulan Danie Pratama dimenit akhir.

5. PSM Makassar 6-2 Arema FC
PSM berhasil membantai Arema FC dengan skor 6-2 pada laga tunda pekan kelima Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Rabu (16/10/19), dimana Ferdinand dinobatkan sebagai pemain terbaik berkat dua golnya.

Empat gol lain PSM diciptakan oleh Rizky Pellu, Klok, Ezra Walian, dan Pluim sementara gol balasan Arema FC berasal dari lesatan duo penyerang lokalnya, yakni Dedik Setiawan dan Ricky Kayame.

Hasil tersebut membuat PSM berhasil mewujudkan misi balas dendam atas kekalahan 0-2 di kandang Arema FC yang uniknya baru dihelat sepekan sebelumnya di Stadion Kanjuruhan.
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%