Liga Indonesia

30 Mei: Tanggal Kedigdayaan PSM Makassar atas Persik Kediri

Sabtu, 30 Mei 2020 19:20 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Entah kebetulan atau tidak, 30 Mei 2020 menjadi tanggal kedigdayaan PSM Makassar atas Persik Kediri. Copyright: © freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Entah kebetulan atau tidak, 30 Mei 2020 menjadi tanggal kedigdayaan PSM Makassar atas Persik Kediri.

INDOSPORT.COM - Entah kebetulan atau tidak, 30 Mei 2020 menjadi tanggal kedigdayaan PSM Makassar atas Persik Kediri. Bagaimana tidak, Pasukan Ramang dua kali mengalahkan Macan Putih pada tanggal tersebut.

Seperti yang terjadi pada lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2008/09, Sabtu (30/05/2009) silam. Melakoni laga kandang terakhir pada edisi pertama ISL, PSM mengalahkan Persik dengan skor meyakinkan, 2-0.

Kedua gol Pasukan Ramang digelontorkan oleh playmaker asal Argentina, Claudio Damian Pronetto. Diplot sebagai second striker mendampingi Julio Lopez, eks Deltras Sidoarjo ini mencetak gol dimenit ke-20 dan 80.

Pronetto mencetak gol pertamanya lewat eksekusi penalti dimenit ke-20 yang memperdayai kiper Persik, Wahyudi. Sedangkan gol kedua dihasilkan melalui heading dari dalam kotak penalti menyambut crossing Irsyad Aras.

Tiga tahun sebelumnya, PSM kembali menjamu Persik di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (30/05/06). Pertemuan tersebut terjadi pada lanjutan putaran kedua Wilayah Timur Divisi Utama Liga Indonesia (Ligina) 2006.

PSM menaklukkan tamunya yang berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara dengan skor 3-1. Hasil tersebut menjadi pembalasan dendam atas kekalahan telak 0-6 pada putaran pertama di markas Persik.

Tuan rumah telah unggul dimenit kedua lewat aksi Edy Musriza yang dimanjakan oleh operan Ronald Fagundez. Namun, Persik langsung menyanakan skor menjadi 1-1 melalui Cristian Gonzales dimenit ke-12.

Pada menit ke-65, lagi-lagi umpan Ronald membuat Syamsul Chaeruddin kembali membawa PSM unggul 2-1. Lalu lima menit jelang bubaran, umpan Luciano Olier dituntaskan oleh tandemnya Aldo Barretto yang mengunci kemenangan 3-1.

PSM dan Persik sendiri sejatinya bakal kembali bersua diajang Liga 1 2020 andai tak dihentikan akibat pandemi virus corona. Berdasarkan jadwal yang telah disusun, keduanya bertemu pada 26 Juni dan 2 Oktober mendatang.