Liga Indonesia

Kisah Unik Kiper Bali United yang Pernah Jadi Penyerang Dadakan

Minggu, 31 Mei 2020 23:52 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Tak banyak yang tahu jika kiper muda klub Liga 1 Bali United, Rakasurya Handika pernah jadi penyerang dadakan tim pelajar Jawa Tengah. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Tak banyak yang tahu jika kiper muda klub Liga 1 Bali United, Rakasurya Handika pernah jadi penyerang dadakan tim pelajar Jawa Tengah.

INDOSPORT.COM - Tak banyak yang tahu jika kiper muda klub Liga 1 Bali United, Rakasurya Handika pernah jadi penyerang dadakan tim pelajar Jawa Tengah. Posisi baru ini diperankan Raka dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017.

Raka sejatinya merupakan kiper yang diandalkan tim Jawa Tengah. Sejak berstatus pelajar, Raka sudah jadi andalan, hingga pernah dilirik Indra Sjafri masuk Timnas Indonesia U-19.

Namun, cerita menarik terjadi saat Popnas 2017. Jawa Tengah mendaftarkan 18 pemain untuk ikut Popnas 2017. Sialnya, empat pemain membela Timnas Pelajar Indonesia di Asian School Games 2017 Iran.

Para pemain baru bisa kembali saat jadwal semifinal Popnas 2017. Untungnya, berbekal 14 pemain, Jawa Tengah mampu tembus semifinal. Uniknya, Jawa Tengah melaju ke semifinal berkat gol tunggal Raka. Dia jadi penyerang dadakan lantaran sang penyerang asli cedera.

"Dengan keterbatasan pemain yang ada, pada pertandingan 8 besar saat menghadapi Banten, saya dipercaya masuk sebagai striker dadakan pada menit 70. Puji Tuhan pada waktu itu saya berhasil mencetak gol tunggal untuk Jawa Tengah," ucap Raka di laman resmi Bali United.

Keberhasilan ini merupakan sebuah penyemangat dalam perjalanan profesional. Sejak kecil, Raka memang cinta dengan sepak bola. Final Liga Indonesia 2006 di Stadion Manahan Solo, merupakan laga pertama yang didatangi Raka.

Kala itu, ada lebih dari 15 ribu suporter PSIS Semarang datang ke Solo, untuk mendukung Gustavo Hernan Ortiz dkk. Sayang, kala itu PSIS ditumbangkan Persik Kediri lewat gol tunggal Cristian Gonzales.