Liga Indonesia

Renan Silva Ingin Liga 1 2020 Tiru Bundesliga Jerman Andai Dilanjutkan

Selasa, 2 Juni 2020 15:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Media Bhayangkara FC
Pemain bintang Bhayangkara FC di Liga 1 2020, Renan Silva. Copyright: © Media Bhayangkara FC
Pemain bintang Bhayangkara FC di Liga 1 2020, Renan Silva.

INDOSPORT.COM - Gelandang Bhayangkara FC, Renan Silva, berharap Liga 1 2020 bisa dilanjutkan kembali. Namun, pemain berkebangsaan Brasil itu meminta semua pihak menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Renan ingin PSSI selaku operator Liga 1 dan klub peserta belajar dari Bundesliga Jerman yang sudah kembali bergulir selama dua pekan setelah vakum sementara akibat pandemi virus corona. Kesehatan harus dijadikan sebagai prioritas utama saat kompetisi kembali aktif.

"Saya berharap kompetisi sepak bola di Indonesia segera kembali dan tentu saja dengan protokol kesehatan yang ketat. Contohnya Jerman (Bundesliga)," kata Renan Silva, Selasa (2/6/20).

Namun, Bundesliga melanjutkan kompetisi dengan mengorbankan hal paling krusial dalam sebuah pertandingan sepak bola, yaitu penonton. Seluruh stadion tampak kosong tanpa ada riuh dukungan dari tribun.

Sayangnya, sebagian besar klub Indonesia tak ingin kompetisi diputar kembali tanpa penonton mengingat dari situlah pemasukan terbesar klub untuk menanggung biaya operasional semusim.

Sejauh ini, Renan mengaku menjalani latihan secara mandiri. Ia kerap menyambangi Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, (markas Bhayangkara FC) dan rutin berlatih di sana lantaran merasa nyaman dengan kondisi lapangan yang bagus. 

"Ya, setiap hari Senin, Rabu dan Jumat saya berlatih di stadion (PTIK). Rumput di lapangannya sempurna," cetus pemain terbaik Liga 1 2019 itu.

Sementara itu, nasib Liga 1 dan 2 belum diputuskan oleh PSSI. Federasi sepak bola Indonesia itu baru akan mengambil keputusan akhir setelah menggelar rapat Exco yang kemungkinan akan digelar dalam waktu dekat.