Liga Indonesia

Robert Alberts Sebut Vietnam dan Korsel Bisa Jadi Contoh untuk Indonesia

Kamis, 4 Juni 2020 11:44 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© persib.co.id
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menuturkan Vietnam dan Korea Selatan bisa dijadikan acuan bagi Indonesia untuk kembali menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020. Copyright: © persib.co.id
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menuturkan Vietnam dan Korea Selatan bisa dijadikan acuan bagi Indonesia untuk kembali menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menuturkan Vietnam dan Korea Selatan bisa dijadikan acuan bagi Indonesia untuk kembali menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020. Kompetisi sepak bola di Vietnam dan Korea Selatan kembali bergulir setelah terhenti karena virus corona atau covid-19. 

Menurut Robert Alberts, kedua negara di Asia tersebut sudah memulai kembali kompetisi sepak bola dan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Mantan pelatih PSM Makassar ini menambahkan, beberapa negara di Eropa juga menjadikan negara terdekatnya sebagai acuan untuk kembali memulai Liga. Seperti Inggris dan Spanyol yang mengacu pada Bundesliga terkait protokol keselamatan. 

"Iya, kami seharusnya mengacu pada negara yang lokasinya di dekat kami, seperti Vietnam dan Korea Selatan. Mereka juga sudah memulai kembali liganya," kata Robert Alberts. 

"Beberapa negara Asia juga sudah mulai bersiap (memulai liga). Jadi kami tidak perlu banyak memperhatikan negara Eropa," jelas pelatih asal Belanda ini. 

Robert Alberts menuturkan, keberhasilan Vietnam di wilayah Asia Tenggara dalam menggelar kompetisi dan menerapkan protokol kesehatan bisa ditiru oleh Indonesia, untuk kembali memulai Liga. 

"Menarik untuk mengetahui bagaimana Vietnam yang berada di pool yang sama dengan kami (Indonesia). Mereka sudah memulai liga dan pelatih timnas sudah meminta pada semua pelatih di klub Vietnam, untuk memberi prioritas kepada striker lokal, dan juga memberi priorotas untuk pemain muda yang bisa muncul," ungkapnya. 

Asupan makanan dan suplemen untuk pemain menurut Robert Alberts, harus diperhatikan saat kompetisi kembali digelar, agar daya tahan tubuhnya bagus dan kondisi pemain tetap bugar. 

"Selain itu bagaimana memberi suplemen kesehatan kepada pemain lebih kuat. Meski diet sudah direkomendasikan oleh pelatih timnas. Ini juga fakta menarik, kami semua tahu kualifikasi Piala Dunia akan digelar kembali akhir tahun ini jika semua berjalan sesuai rencana," ucapnya. 

Sementara itu, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) rencanannya akan kembali menggulirkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 pada September mendatang.