Bola Internasional

Dilepas Barito Putera, Rafael Silva Antarkan Klub Bolivia ke Asa Juara

Jumat, 5 Juni 2020 19:58 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Winger asal Brasil Rafael Silva kini tengah antarkan klub Bolivia ke asa juara usai dilepas peserta Liga 1 2019 Barito Putera. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Winger asal Brasil Rafael Silva kini tengah antarkan klub Bolivia ke asa juara usai dilepas peserta Liga 1 2019 Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Winger asal Brasil Rafael Silva kini tengah antarkan klub Bolivia ke asa juara usai dilepas peserta Liga 1 2019 Barito Putera.

Bernama lengkap Rafael da Silva Souza, pria dengan tinggi 182 cm ini lahir 8 Oktober 1990 di Feira de Santana, Brasil. Kini ia diketahui berusia 29 tahun.

Rafael Silva pertama kali menginjakan kaki di Indonesia ketika klub asal Banjarmasin Barito Putera merekrutnya untuk mengarungi Liga 1 2019.

Berdasarkan catatan situs penyedia statistik pemain Transfermarkt, Rafael didatangkan Laskar Pangeran Antasari pada 12 Februari 2019.

Rafael sendiri sudah memiliki rekam jejak di dunia sepak bola kawasan Asia. Sedikitnya ada dua klub yang pernah memakai jasa Rafael sejauh ini.

Pertama ada tim dari China League Two Dalian Transcendence (2018) dan Uni Emirat Arab Gulf League Hatta Club dengan status pinjaman (2017).

Selain itu beberapa klub besar di Brasil macam Cruzeiro, Portuguesa, hingga Vasco da Gama sempat merasakan servis dari pemain berposisi winger ini.

Rafael menjadi pemain inti selama semusim penuh di Liga 1 2019 dengan total membuat 28 penampilan, 14 gol, empat asis, delapan kartu kuning, dan satu kartu merah.

Bahkan pada pekan perdana Liga 1 2019 kala Barito Putera vs Persija Jakarta yang berakhir 1-1, Rafael Silva menyumbang satu gol pada menit ke-82.

Ketika dipekan terakhir, tepatnya ke-34, Rafael membuat satu gol dan asis kala Barito Putera menghajar Arema FC dengan skor mencolok, 3-0.

Sangat disayangkan ketika kerja sama keduanya tak bisa berlanjut. Rafael Silva pun turut mengucapkan salam perpisahan pada Barito Putera.

"Hari ini adalah pertandingan terakhir saya mengenakan jersey Barito Putera. Kami mengalami beberapa kali fase buruk tapi juga banyak waktu yang baik, sungguh menakjubkan," tulis Rafael.

Selain itu dirinya tak lupa memberikan rasa terima kasih terhadap orang-orang yang terlibat di Barito Putera dan berharap klub tersebut makin bersinar musim depan.