Liga Champions

Bukan Jerman, Portugal Kandidat Kuat Tuan Rumah Liga Champions

Minggu, 7 Juni 2020 20:47 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Liga Champions 2019-2020 kemungkinan besar akan dilanjutkan dan mengambil tempat di Lisbon, Portugal. Copyright: © Getty Images
Liga Champions 2019-2020 kemungkinan besar akan dilanjutkan dan mengambil tempat di Lisbon, Portugal.

INDOSPORT.COM - Kabar gembira kini datang dari gelaran Liga Champions 2019-2020. Setelah terhenti akibat corona dan sempat dirumorkan bakal dihelat di Jerman, kini kompetisi kemungkinan bakal berpindah tempat ke Portugal.

Akibat merebaknya Covid-19 di seluruh dunia, UEFA selaku badan organisasi sepak bola seantero Eropa sekaligus penyelenggara sudah mencanangkan akan lanjutkan Liga Champions musim ini pada bulan Agustus depan.

Dengan syarat minim kasus corona, berbagai negara pun direncanankan bakal menjadi tempat bergulirnya turnamen sepak bola terakbar di Benua Biru. UEFA pun sempat menunjuk Turki sebagai tempat ideal, akan tetapi hal tersebut batal akibat harga mahal yang harus dibayar bagi promotor.

Pihak federasi sepak bola (FA) Jerman menganjurkan pertandingan Liga Champions dihelat di Frankfurt karena kasus corona yang terbilang minim di sana. Akan tetapi, berdasarkan syarat tempat netral, tempat ini bisa jadi menguntungkan tim asal Negeri Panzer.

Melansir laman berita Daily Mail, tak heran UEFA justru ingin menjadikan Lisbon sebagai tuan rumah pertandingan dengan alasan tak adanya lagi tim asal Portugal yang lolos ke babak 16 besar. Apalagi, keuntungan lain ialah tak adanya masalah dalam hal politik dengan negara dan pihak penyelenggara.

Portugal sendiri memang pernah jadi tempat Liga Champions untuk partai final kala Real Madrid yang ditukangi Carlo Ancelotti menang atas Atletico Madrid. Tak heran negara ini akan menjadi tempat ideal setelah jumlah pengidap virus corona bisa dikendalikan.

Setidaknya ada Paris Saint-Germain, Atalanta, Atletico Madrid, dan RB Leipzig yang memastikan diri melaju ke babak perempatfinal. Sementara ada empat pertandingan lagi yang masih harus dijalani oleh delapan klub tersisa pada leg kedua 16 besar Liga Champions.

Selain Portugal dan Jerman, Rusia sempat menyatakan diri berminat menjadi tempat penyelenggaraan Liga Champions lanjutan. Sayang karena jumlah tinggi pengidap corona yang mencapai 468 ribu orang dan 5 ribu lebih di antaranya meninggal dunia, membuat negara ini bukan jadi pilihan yang layak.

Keputusan akhir negara mana yang bakal menjadi tuan rumah beberapa pertandingan Liga Champions yang tersisa sendiri nampak masih menunggu keputusan final dari UEFA yang lakukan pertemuan lagi pada 17 Juni depan.