Liga Indonesia

Apa Kabar Jimmy Suparno? Pesepakbola Jawa yang Awali Karier di Papua

Senin, 8 Juni 2020 20:16 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pesepakbola selalu menyisakan cerita menarik di balik karier mereka. Salah satunya, Jimmy Suparno yang harus jauh-jauh ke Papua untuk mengawali kariernya sebagai seorang pesepakbola. Bagaimana kabarnya sekarang?

Jimmy Suparno, namanya sempat diidolai publik Stadion Mandala, markas Persipura Jayapura di kompetisi Liga Indonesia musim 2002/2003.

Di usianya yang baru menginjak 18 tahun, Jimmy sudah menapakkan karier sepak bolanya di klub yang berada jauh di timur Indonesia itu.

Jimmy didatangkan oleh manajemen Persipura lewat rekomendasi langsung dari pelatih Persipura kala itu, Rudy William Keltjes yang memonitori performa Jimmy sejak masih di PPLP Salatiga, Jawa Tengah.

Meski bukan pemain migran pertama yang memperkuat Persipura, namun nama Jimmy Suparno menjadi pesepakbola Jawa pertama yang mengawali kariernya di klub legendaris asal Tanah Papua itu.

Semasa bermain di Persipura, Jimmy tampil cukup memuaskan meski berstatuskan pemain debutan. Ia sempat diidolai oleh publik Mandala karena performa impresifnya di atas lapangan.

Jimmy sanggup membuat 12 gol selama semusim membela Persipura. Namun, kariernya bersama Persipura hanya sampai semusim, setelah ia memilih hengkang ke Deltras Sidoarjo di musim 2004 mengikuti jejak mentornya, Rudy Keltjes.