Bola Internasional

Deretan Pemain Bintang yang Ternyata Pernah Perkuat Hoffenheim

Senin, 8 Juni 2020 14:12 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Termasuk Roberto Firmino, klub Bundesliga Jerman, Hoffenheim, ternyata pernah diperkuat beberapa pemain bintang. 

Nama Hoffenheim mulai beredar di persaingan kasta tertinggi sepak bola Jerman pada musim 2008/09. Kala itu Hoffenheim baru saja promosi, usai finis sebagai runner-up Bundesliga 2.

Musim pertama menghiasi Bundesliga Jerman, Hoffenheim langsung bisa menempati peringkat tujuh klasemen akhir musim. Setelahnya, secara konsisten Hoffenheim mampu tampil menjadi kuda hitam yang patut diperhitungkan dalam Bundesliga Jerman.

Paling mentereng terjadi pada 2016 hingga 2018. Dua musim beruntun, Hoffenheim berhasil masuk ke empat besar papan atas klasemen.

Meski belum sekuat Bayern Munchen atau Borussia Dortmund, Hoffenheim rupanya tercatat telah menelurkan bakat-bakat hebat yang kini menjadi pemain bintang di klub-klub top Eropa. 

Lima eks Hoffenheim yang kini menjadi pemain hebat misalnya, Demba Ba, David Alaba, hingga Roberto Firmino. 

© Ian Horrocks/Newcastle United via Getty Images
Salah satu pemain muslim yang pernah memperkuat Newcastle United. Copyright: Ian Horrocks/Newcastle United via Getty ImagesSalah satu pemain muslim yang pernah memperkuat Newcastle United.

1. Demba Ba

Demba Ba merupakan pemain yang berperan besar atas keberhasilan Hoffenheim promosi ke kasta tertinggi Bundesliga Jerman. Musim 2007/08, Demba Ba tampil 30 kali dan mencetak 12 gol di pentas Bundesliga 2, sekaligus membawa Hoffenheim mendapatkan tiket promosi.

Pada musim 2011/12, Demba hijrah ke klub Liga Inggris, West Ham United. Tak lama setelahnya, Chelsea merekrut Demba Ba pada musim 2012/13. Perjalanan Demba Ba di Inggris sendiri berakhir pada 2013/14, setelah itu pindah ke klub Turki, Besiktas.