Liga Indonesia

PSSI dan PT LIB Siapkan Protokol Ketat Andaikan Liga Kembali Bergulir

Rabu, 10 Juni 2020 11:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi melakukan pertemuan untuk membahas persiapan kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi melakukan pertemuan untuk membahas persiapan kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020.

INDOSPORT.COM - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi melakukan pertemuan untuk membahas persiapan kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020. Hasilnya, mereka siap memutar kembali kompetisi usai ditangguhkan sementara akibat pandemi virus corona.

PT LIB dilaporkan telah memaparkan persiapannya dan PSSI pun tengah merancang buku panduan protokol kesehatan khusus virus corona yang nantinya disosialisasikan ke klub. 

Apabila berjalan sesuai rencana, Liga 1 bakal kembali bergulir pada September atau Oktober dan Liga 2 berlangsung berselang dua minggu kemudian.

"Ya, PT LIB siap saja bila kompetisi dilanjutkan nanti. Mereka sudah melakukan pemaparan dan siap menjalankan kompetisi, termasuk dengan protokol kesehatan COVID-19," kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, Rabu (10/6/20).

Sebagaimana diketahui, Liga 1 dan 2 dihentikan sejak Maret lalu karena pandemi virus corona. PSSI pun berencana menggulirkan kembali kompetisi dengan alasan memberikan jam terbang bagi pemain muda sebagai persiapan menyambut Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Akan tetapi, wacana tersebut belum sepenuhnya disahkan. PSSI masih harus melakukan rapat dengan Exco dan menunggu keterangan resmi dari pemerintah terkait masa tanggap darurat bencana nasional non-alam virus corona.

PSSI juga sedang menjalin komunikasi secara intens dengan Asosiasi Pesepak bola Profesional (APPI), serta Asosiasi Pelatih Sepak bola Seluruh Indonesia (APSSI) terkait opsi perubahan kontrak para pelaku bal-balan Tanah Air.