Liga Indonesia

Sebelum Latihan, Tim Persib Bandung Akan Jalani Swab Test Corona

Kamis, 11 Juni 2020 19:11 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer Persib
Persib berlatih di Lapangan Inspire Arena, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (20/03/2020). Copyright: © Media Officer Persib
Persib berlatih di Lapangan Inspire Arena, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (20/03/2020).

INDOSPORT.COM - Manajemen tim Liga 1 2020 Persib Bandung, akan melakukan swab test (tes corona) kepada pemain, pelatih serta official, sebelum berkumpul dan memulai kembali aktivitas latihan bersama. 

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, tes tersebut sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. Apalagi, saat ini mayoritas pemain berada di kampung halamannya baik di dalam maupun luar negeri. 

"Itu harus dong (tes), pasti begitu. Prosedurnya pasti begitu mereka kumpul, datang pertama kali ke Bandung pasti yang dilakukan pertama adalah PCR test, bukan rapid lagi, tapi swab test pasti," tegas Teddy  saat berbincang dengan wartawan via aplikasi zoom, Selasa (09/06/20) lalu.

Menurutnya, jika hasil tes tersebut negatif corona, maka skuat Maung Bandung akan memulai kembali aktivitasnya dengan meminimalisir kontak fisik di awal latihan. 

Sejauh ini, manajemen Persib belum menentukan jadwal latihan, pasalnya belum ada kepastian dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai kick off Liga 1 2020 yang sebelumnya sudah memasuki pekan ketiga. 

"Kita sudah bikin protokol itu, swab test, terus kemudian misal semua aman kita akan di awal awal latihan kita gak latihan bersentuhan fisik. Jadi pasti prosedur itu akan dilakukan bertahap," ungkapnya. 

Teddy menilai, di awal-awal latihan pelatih Robert Rene Alberts, pasti akan fokus meningkatkan kembali fisik pemainnya. Karena, sudah hampir tiga bulan skuat Maung Bandung diliburkan dan hanya menjalankan program latihan mandiri.

"Tapi pasti latihan banyaknya latihan fisik saya rasa, karena kan kondisi pemain harus dikembalikan untuk mencapai match fitness tertentu, sehingga pasti porsinya akan banyak latihan fisik. Nah setelah itu, baru pelan-pelan setelah latihan fisik baru mulai permainan, game, dan lain-lain," jelasnya. 

Sementara itu, sebelumnya satu pemain Persib Bandung, Wander Luiz, sempat dinyatakan terpapar virus corona. Namun, setelah menjalankan isolasi mandiri selama 14 hari, striker asal Brasil tersebut dinyatakan sembuh dan saat ini berada di kampung halamannya.