Liga Indonesia

Soal Liga, Pelatih Persib Nilai Indonesia Bisa Ikuti Negara Eropa

Kamis, 11 Juni 2020 21:14 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat memimpin latihan di Lapangan Inspire Arena, Jalan Sersan Bajuri, Cihidueng, Kabupaten Bandung Barat, Senin (27/01/2020). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat memimpin latihan di Lapangan Inspire Arena, Jalan Sersan Bajuri, Cihidueng, Kabupaten Bandung Barat, Senin (27/01/2020).

INDOSPORT.COM - Pelatih tim Liga 1 2020 Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap Indonesia bisa mengikuti negara lain terutama Eropa dalam menyelenggarakan kompetisi sepak bola di tengah pandemi corona atau covid-19. 

Dikutip dari laman Persib, Kamis (11/06/20), dengan digulirkannya kembali kompetisi Liga 1 2020, menurut Robert Alberts, akan banyak aspek yang bakal hidup kembali. Mulai dari pemain, pelatih hingga elemen lainnya mengandalkan hidup dari sepak bola. 

Sebagai informasi, beberapa negara di Eropa dan Asia sudah memulai kembali kompetisinya, setelah sebelumnya sempat menghentikan sementara, karena pandemi corona.

"Kita lihat di Eropa sana, semua senang karena kompetisi berlanjut lagi. Mulai dari pemain hingga beberapa bidang yang bisa mendapatkan sesuatu dari pertandingan sepak bola," kata Robert Alberts

Pelatih yang sempat menangani PSM Makassar ini menambahkan, bergulirnya kompetisi harus dibarengi dengan diterapkannya protokol kesehatan yang ketat, untuk mencegah penyebaran virus corna. 

Selain itu, pelatih asal Belanda ini setuju selama pandemi corona Liga 1 digelar tanpa penonton. Meski begitu, pecinta sepak bola menurutnya masih bisa menyaksikan pertandingan melalui tayangan televisi. 

"Tentunya saat ini pertandingan harus tanpa penonton dulu. Kita ikuti anjuran pemerintah agar social dan physical distancing demi menyetop penyebaran virus," ungkapnya. 

"Di sana bisa menyaksikan pertandingan melalui televisi atau streaming. Tidak ada masalah, semua tetap senang," jelasnya.

Sejauh ini, Persib masih menunggu kepastian dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai kelanjutan Liga 1 2020. Sehingga, tim kebanggaan Bobotoh belum menentukan jadwal latihan. 

Selama aktivitas tim diliburkan, pemain Persib Bandung tetap mendapatkan tugas dari Robert Alberts untuk menjalankan program latihan mandiri di kediamannya masing-masing. Hal itu bertujuan, agar kondisi kebugaran pemain tetap terjaga.