Liga Indonesia

PSM Makassar atau Timnas Indonesia? Ini Pilihan Asnawi Mangkualam

Jumat, 12 Juni 2020 13:39 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Singapura, Kamis (28/11/2019). Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Singapura, Kamis (28/11/2019).

INDOSPORT.COM - Pesepak bola berusia 20 tahun, Asnawi Mangkualam, mengutarakan jawabannya ketika harus memilih antara PSM Makassar atau Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Melalui sebuah sesi QnA (Question and Answer) di channel youtubenya, Asnawi Mangkualam [Official], pemain muda terbaik Piala Indonesia 2018/19 ini memberikan jawabannya.

"Ini pertanyaan yang sangat sulit sekali untuk saya jawab," ungkap Asnawi dalam video unggahannya yang dikutip oleh redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Anak kandung bek legenda sekaligus asisten pelatih PSM, Bahar Muharram, ini rupanya lebih memprioritaskan bermain untuk Timnas Indonesia dibanding klubnya.

"Kalau disuruh memilih, saya akan memilih bermain di timnas. Sebab tujuan saya bermain sepak bola itu untuk bermain di timnas," tutur pemilik nomor punggung 14 di PSM ini.

"Setiap pesepak bola profesional yang ada di Indonesia atau dunia akan sangat bangga ketika mendapatkan panggilan untuk membela negaranya," tambah Asnawi lagi.

Namun, Asnawi juga memahami bahwa dirinya harus mendapatkan izin dari klub, dalam hal ini PSM Makassar, ketika ingin memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

"Tetapi di lain hal juga, saya mempunyai komitmen dengan klub. Sebab klub yang membayar atau menggaji kita di tingkat profesional," ujar Asnawi.

"Jadi tidak boleh semena-mena untuk langsung berangkat ke timnas. Jadi kita harus punya kewajiban untuk berkomunikasi dengan klub, apakah mendapatkan izin atau tidak," tandasnya.

Asnawi Mangkualam sendiri telah mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia senior di bawah kepelatihan Shin Tae-yong setelah sebelumnya menjadi bagian skuat U-23.

Tepatnya pada awal Februari 2020 lalu, Asnawi Mangkualam bersama 33 pemain lainnya dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Jakarta.