Liga Indonesia

Cerita Eduard Tjong Blusukan Cari Pemain di Bali

Sabtu, 13 Juni 2020 02:40 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Petrus Manus DaYerimon/INDOSPORT
Sepak bola Bali pernah mendapat sentuhan pelatih kenamaan, Eduard Tjong, yang pernah blusukan cari pemain di Pulau Dewata. Copyright: © Petrus Manus DaYerimon/INDOSPORT
Sepak bola Bali pernah mendapat sentuhan pelatih kenamaan, Eduard Tjong, yang pernah blusukan cari pemain di Pulau Dewata.

INDOSPORT.COM - Sepak bola Bali pernah mendapat sentuhan pelatih kenamaan, Eduard Tjong. Saat menjadi pelatih kepala tim PON Bali pada 2004, Eduard Tjong blusukan cari pemain di Pulau Dewata.

Eduard Tjong mengawali karir melatih di Persikabo Bogor tahun 2001. Setelah itu, Eduard Tjong mulai menjelajahi Bali. Terutama ketika dipercaya melatih tim Bali menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004.

Kala itu, Eduard Tjong turut hadir ke beberapa kota/kabupaten untuk mencari pemain. Pelatih yang saat ini mengantongi lisensi A AFC melihat bakat-bakat besar pesepak bola Bali.

"Dulu saya dibantu sama pak Mamak. Kita datang ke daerah, lihat pemain-pemain. Ada yang bagus kita panggil ikut ikut seleksi. Ada juga klub lokal kirim pemain," ucap Eduard Tjong, Jumat (12/6/20).

Nama-nama yang terjaring hingga kini masih aktif di kompetisi profesional, seperti Gede Sukadana, Made Wirawan, Made Wirahadi hingga Ngurah Nanak.

"Skill dan teknik pemain Bali itu bagus-bagus. Tapi masalahnya, saat itu sepak bola bukan jadi prioritas. Ketika ada tawaran pekerjaan, mereka pilih kerja. Makanya sempat ada beberapa pemain yang saya ajak bicara," tuturnya.

Sayangnya, kala itu Eduard Tjong tak mendampingi sampai perhelatan utama di Palembang. Pada pertengahan 2003, dia ditarik menjadi asisten pelatih Perseden Denpasar.

"Pastinya senang kalau sampai saat ini masih ada yang main, seperti Made Wirawan dan Gede Sukadana," ucapnya.

Eduard Tjong kini juga masih bertahan sebagai pelatih andal. Sejak tahun lalu, dia menjadi nahkoda tim Celebest FC di Liga 3. Menarik menanti Eduard Tjong untuk come back ke Bali.