Liga Italia

Ini Wasit yang akan Pimpin Laga Final Coppa Italia, Menguntungkan Juventus?

Selasa, 16 Juni 2020 02:00 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Paolo Bruno/Getty Images for Lega Serie A
Wasit yang akan memimpin laga final Coppa Italia telah diumumkan, dan mungkin akan memberi keuntungan bagi pihak Juventus. Copyright: © Paolo Bruno/Getty Images for Lega Serie A
Wasit yang akan memimpin laga final Coppa Italia telah diumumkan, dan mungkin akan memberi keuntungan bagi pihak Juventus.

INDOSPORT. COM - Wasit yang akan memimpin laga final Coppa Italia antara Napoli vs Juventus telah diumumkan, dan mungkin akan memberi keuntungan bagi pihak Bianconeri.

Pentas Coppa Italia 2019/20 akhirnya sudah memasuki partai puncak. Dua tim top Negeri Pizza, Juventus dan Napoli, akan saling bertarung dalam laga final, di Stadio Olimpico, Roma, Kamis (18/06/20) mendatang.

Juventus berhasil menembus final usai mengandaskan AC Milan di babak semifinal. Bermain dua leg, Si Nyonya Tua unggul agresivitas gol tandang atas AC Milan 1-1.

Sementara Napoli melaju ke final berkat kesuksesannya mengalahkan Inter Milan. Napoli membuat skuat Inter Milan betul betul tak berdaya lewat keunggulan agregat 2-1.

Menyambut pertarungan panas Napoli vs Juventus, otoritas sepak bola Italia sudah mulai melakukan persiapan awal. Setidaknya, nama wasit yang akan memimpin laga telah diumumkan kepada publik.

Mengutip situs Football Italia, laga final Coppa Italia bakal dipimpin oleh wasit bernama Daniele Doveri. Keputusan ini sekaligus menjadikan laga final bergengsi pertama bagi Doveri dalam kariernya sebagai wasit sepak bola.

Sekedar informasi, Doveri merupakan wasit berusia 42 tahun yang sepanjang gelaran 2019/20 punya pengalaman memimpin 17 laga. Ketegasannya selaku pengadil lapangan musim ini total menghasilkan 63 kartu kuning, dua kartu merah, dan satu sepakan penalti.

Kian menarik, Doveri ternyata turut dihiasi rekam jejak yang tampak menguntungkan Juventus. Tiga laga terakhir Serie A Italia yang dipimpin Doveri, Juventus mampu meraih enam poin dengan rincian dua kemenangan serta satu kekalahan.

Dua kemenangan diraih saat Juventus mengalahkan Parma 2-1 pada 1 September 2018, dan satunya lagi terjadi dalam laga pekan ke-11 Serie A Italia 2019/20, di mana Si Nyonya Tua menang 2-1 atas Torino. Sementara kekalahan didapat Juventus kala tunduk 1-2 dari SPAL, 13 April 2019 lalu.

Catatan itu lebih baik ketimbang tiga laga terakhir Serie A Italia milik Napoli yang dipimpin oleh Doveri. Napoli cuma mendapat empat poin saja, rinciannya satu menang (Napoli 4-1 Inter Milan, 19 Mei 2019), satu imbang (AC Milan 0-0 Napoli, 26 Januari 2019), dan sekali kalah (Empoli 2-1 Napoli, 3 April 2019).

Patut dinanti, apakah benar Doveri bakal memberikan keuntungan tersendiri bagi Juventus dalam laga final Coppa Italia nanti? Atau sebaliknya, Doveri 'menebus dosanya' kepada Napoli?