Bola Internasional

Hasil Pertandingan Bundesliga Jerman Borussia Dortmund vs Mainz: Tuan Rumah Malu

Kamis, 18 Juni 2020 03:28 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Pinterest
Tuan rumah Borussia Dortmund mendapatkan hasil buruk dengan dipermalukan tamunya Mainz 05 dalam lanjutan Bundesliga Jerman, Kamis (18/06/20) dini hari WIB. Copyright: © Pinterest
Tuan rumah Borussia Dortmund mendapatkan hasil buruk dengan dipermalukan tamunya Mainz 05 dalam lanjutan Bundesliga Jerman, Kamis (18/06/20) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM – Tuan rumah Borussia Dortmund mendapatkan hasil buruk dengan dipermalukan tamunya Mainz 05 dalam lanjutan Bundesliga Jerman, Kamis (18/06/20) dini hari WIB.

Borussia Dortmund tampak tidak menganggap remeh tamunya, Mainz 05, dalam lanjutan Bundesliga Jerman, Kamis (18/06/20) dini hari WIB. Meski sang lawan berada di papan bawah, Die Borussen tampil dengan kekuatan penuh.

Di lini depan, pelatih Lucien Favre langsung menurunkan trisula andalannya. Duet pemain sayap Thorgan Hazard dan Jadon Sancho mengapit penyerang utama Erling Braut Haaland yang di pertandingan sebelumnya tampil dari bangku cadangan.

Keseriusan tim tuan rumah bisa dipahami. Meski sudah tidak bisa lagi menjadi juara, Dortmund membutuhkan kemenangan untuk mengamankan diri posisi kedua klasemen Bundesliga dari kejaran RB Leipzig.

Sayangnya, Jadon Sancho dkk justru menghadapi jalan terjal, setelah tertinggal 0-1 lebih dulu. Mainz mencuri lewat sundulan Jonathan Burkardt pada menit ke-34 menerima umpan silang Baku.

Tersengat oleh gol itu, Dortmund pun meningkatkan intesitas serangan dengan meraih penguasaan bola hingga 71%. Meski demikian, mereka gagal menembus pertahanan lawan sehingga babak pertama berakhir dengan skor 0-1.

Empat menit setelah babak kedua dimulai, situasi memburuk bagi Die Borussen. Pelanggaran Lukasz Piszczek terhadap Danny Latza membuahkan tendangan penalti. Jean-Philippe Mateta mengonversinya dengan baik untuk mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Mainz.

Tertinggal 2 gol membuat pelatih Lucien Favre mencoba mengubah taktiknya. Ia melakukan sejumlah pergantian, termasuk menarik Jadon Sancho yang tampil melempem untuk digantikan Mateu Morey. Namun perubahan itu tidak membawa efek yang berarti.

Hingga peluit akhir berbunyi, Dortmund gagal mencetak gol ke gawang Mainz sehingga pertandingan berakhir dengan kekalahan Die Borussen 0-2 dari tamunya.

Hasil ini pun mengancam posisi mereka di klasemen. Pasalnya, RB Leipzig bermain imbang dengan Dusseldorf 2-2 sehingga kini hanya berjarak 3 poin dari Sancho dkk.

Sementara itu, meski menang Mainz masih tertahan di peringkat 15 klasemen sementara. Meski demikian, mereka berhasil mempertipis jarak dengan Augsburg menjadi 1 poin.

Susunan pemain

Borussia Dortmund (3-4-3): Buerki; Piszczek, Hummels, Can; Hakimi, Brandt, Witsel, Guereirro; Hazard, Haaland, Sancho.

Mainz 05 (4-2-3-1): Mueller; Baku, St. Juste, Niakhate, Caricol; Kunde, Latza; Onisiwo, Boetius, Burkardt; Mateta.