Liga Inggris

Bahas Rasisme, Ini Pesan Pep Guardiola untuk Orang Kulit Putih

Jumat, 19 Juni 2020 13:22 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Chris Brunskill/GettyImages
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberikan apresiasi kepada Liga Inggris dalam mendukung kampanye antirasisme dan ia pun punya pesan untuk para orang kulit putih. Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberikan apresiasi kepada Liga Inggris dalam mendukung kampanye antirasisme dan ia pun punya pesan untuk para orang kulit putih.

INDOSPORT.COM - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberikan apresiasi kepada Liga Inggris dalam mendukung kampanye antirasisme yang sedang ramai belakangan ini.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu terjadi peristiwa tindakan berbau rasisme yang terjadi di Amerika Serikat. Ada salah satu pria berkulit hitam, George Floyd, yang tewas di tangan polisi berkulit putih.

Sejak khasus kematiannya, banyak demonstran yang melakukan aksi turun ke jalan dan juga banyak terjadi kerusuhan yang menjadi sorotan publik dunia.

Dengan adanya tindakan ini, banyak pihak yang mendukung aksi tersebut. Ada dari kalangan artis, selebritas, hingga para pemain sepak bola dan klub juga memberikan dukungan kepada kampanye yang bertajuk Black Lives matter.

Terlebih dukungan itu juga datang dari pelatih Manchester City, Pep Guardiola, yang mengatakan bahwa kampanye seperti ini harus lebih gencar disuarakan guna memberikan banyak pesan kepada para pelaku.

“Kita warga kulit putih seharusnya memberi ribuan atau jutaan pesan ke warga kulit hitam. Selama berabad-abad, 400 tahun, untuk meminta maaf atas apa yang sudah diperbuat kepada mereka,” kata Guardiola dilansir dari Sky Sports.

Mantan pelatih Barcelona ini merasa malu atas perbuatan kulit putih yang semena-mena kepada mereka yang berkulit hitam.

“Saya malu dengan apa yang diperbuat oleh warga kulit putih kepada mereka yang berkulit hitam. Hanya karena Anda lahir dengan warna kulit putih yang berbeda, lalu orang bisa beranggapan kalau mutlak berbeda?” tambahnya.

Dukungan pelatih berusia 49 tahun ini terlihat menjelang kompetisi sepak bola Liga Inggris yang dimulai kembali pada laga Manchester City berhadapan dengan Arsenal pada Kamis (18/06/20) kemarin.

Mantan pelatih Bayern Munchen ini menambahkan bahwa apa yang sudah dilakukan oleh Liga Inggris dalam mendukung antirasisme harus lebih diperdalam lagi. Sebab, semua pesan harus bisa tersampaikan kepada publik.

“Pada abad ke-21, masih banyak terjadi peristiwa rasisme, tidak hanya terjadi di Amerika Serikat melainkan juga terjadi di beberapa negara,” ujarnya.

Dukungan tak hanya datang dari Pep Guardiola, melainkan juga anak asuhnya di Manchester City, Raheem Sterling. Ia pun menyuarakan aksinya dalam mendukung gerakan Black Lives Matter untuk menghilangkan isu rasisme dan antidiskriminasi.

Tak hanya itu, pertandingan pembuka Liga Inggris yang dilaksanakan antara Aston Villa vs Sheffield United juga menghadirkan seremoni untuk mendukung gerakan antirasisme yang terjadi di banyak negara di dunia saat ini.