Bola Internasional

Captain Tsubasa Jadi Nama Bola Khusus Olimpiade Tokyo 2020

Sabtu, 20 Juni 2020 21:48 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Istmewa
Tokoh anime yang terkenal di Indonesia era 90-an sampai era 2000-an, Captain Tsubasa, secara resmi dijadikan sebagai nama bola untuk Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © Istmewa
Tokoh anime yang terkenal di Indonesia era 90-an sampai era 2000-an, Captain Tsubasa, secara resmi dijadikan sebagai nama bola untuk Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM – Tokoh anime yang sempat terkenal di Indonesia era 90-an sampai era 2000-an, Captain Tsubasa secara resmi dijadikan sebagai nama bola yang akan dipakai dalam penyelenggaraan cabang olahraga sepak bola di Olimpiade Tokyo mendatang.

Bola bernama lengkap Adidas Captain Tsubasa Pro Ball ini adalah bola resmi yang akan dipakai dalam penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 yang harus ditunda penyelenggaraannya karena pandemi Covid-19 yang mengancam dunia.

Captain Tsubasa Pro Ball ini adalah suksesor dari Adidas Errejota yang digunakan pada Olimpiade 2016 Rio De Janeiro. Masih dikeluarkan oleh Adidas, bola ini diketahui terinspirasi atas seri anime Captain Tsubasa yang telah menjadi citra sepakbola Jepang.

Bola ini nantinya akan didominasi oleh warna putih, merah terang, dan hitam disertai dengan sketsa tipis yang menggambarkan salah satu adegan ikonik di dalam seri Captain Tsubasa.

Bola ini secara khusus didesain oleh Yoichi Takahashi, kreator asli Captain Tsubasa. Desain yang terdapat dalam bola ini diharapkan dapat mengantarkan pesan persatuan dan kesetaraan atas nama sepakbola.

Desain yang dipakai dalam bola ini sendiri hampir mirip dengan desain yang pernah dikeluarkan oleh Adidas yang berkolaborasi dengan Captain Tsubasa yang diperkenalkan pada gelaran Piala Dunia Antarklub tahun 2019 lalu.

Secara resmi, para penggemar sepakbola dapat membeli bola khusus Olimpiade Tokyo 2020 pada awal Juli mendatang. Kabarnya, bola spesial ini bakal dibanderol dengan harga senilai 140 euro (2,2 juta rupiah).