Suharyadi dan Yayuk Basuki, Suami-Istri Andalan Tenis Indonesia di Olimpiade

Senin, 15 Juni 2020 18:33 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Michael Steele/EMPICS via Getty Images
Yayuk Basuki di Italia Terbuka. Copyright: © Michael Steele/EMPICS via Getty Images
Yayuk Basuki di Italia Terbuka.

INDOSPORT.COM – Suharyadi dan Yayuk Basuki adalah dua atlet tenis Indonesia yang bisa menembus ajang Olimpiade dan akhirnya merajut kasih sebagai suami-istri.

Seperti halnya di dunia bulutangkis yang memiliki kisah sukses pasangan suami istri di Olimpiade, Susi Susanti dan Alan Budikusuma, di dunia tenis juga ada pasangan yang kerap menjadi wakil Tanah Air di pentas olahraga terbesar dunia itu.

Mereka adalah pasangan Yayuk Basuki dan Suharyadi. Meski tak bisa memberikan raihan medali di ajang Olimpiade, sebagai pasangan suami-istri keduanya juga punya raihan membanggakan di dunia tenis.

Yayuk Basuki dan Suharyadi

Bicara mengenai nama besar, Yayuk Basuki jelas tak perlu diragukan lagi. Wanita kelahiran Yogyakarta 30 November 1970 itu sudah sangat terkenal, bahkan hingga kalangan dari luar tenis.

Ketenaran tersebut tentunya juga tak lepas dari prestasi yang memang mampu ditorehkan oleh Yayuk Basuki. Mulai dari ajang ITF finals dengan lima gelar di sektor tunggal dan juga 25 di kategori ganda.

Begitupun dari ajang WTA finals, enam gelar tunggal dan sembilan dari sektor ganda berhasil dibawa pulangnya ke Indonesia.

Sementara dari ajang sekelas Grand Slam, meski tak bisa membawa pulang gelar juara. Yayuk Basuki tak pernah absen ambil bagian sejak tahun 1990 hingga 2000. Dari Grand Slam Australia Open hingga yang paling bergengsi Wimbledon.

Prestasi lainnya yang bisa ditorehkan Yayuk Basuki berasal dari ajang multi event seperti Asian Games yang empat kali diakhirinya dengan raihan medali emas. Serta empat kali juga dirinya bisa menembus event olahraga paling bergengsi, Olimpiade, yang sayangnya paling baik hanya bisa dilalui Yayuk Basuki hingga putaran ketiga di tahun 1992.

Selain prestasi berupa juara, pencapaian membanggakan lainnya yang bisa ditorehkan Yayuk Basuki. Dirinya sempat mencapai rekor tertinggi sebagai petenis tunggal putri peringkat 19 dunia dari WTA. Sebuah peringkat terbaik yang pernah dicapai petenis Indonesia hingga saat ini.