Mengenang Momen Yayuk Basuki Tantang Martina Navratilova di Wimbledon

Rabu, 10 Juni 2020 16:43 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Michael Steele/EMPICS via Getty Images
Mengenang Momen Yayuk Basuki Tantang Martina Navratilova di Wimbledon Copyright: © Michael Steele/EMPICS via Getty Images
Mengenang Momen Yayuk Basuki Tantang Martina Navratilova di Wimbledon

INDOSPORT.COM - Mengenang momen terbaik petenis putri andalan Indonesia, Yayuk Basuki saat menantang Martina Navratilova di ajang Wimbledon.

Nama Yayuk Basuki sendiri memang dikenal sebagai salah satu atlet tenis berprestasi dan terbaik Indonesia pada era akhir 90-an. Tercatat, petenis kelahiran Yogyakarta tersebut telah meraih sejumlah gelar bergengsi ajang WTA dan ITF.

Beberapa gelar WTA pada nomor perorangan yang pernah dimenangkan Yayuk Basuki antara lain Pattaya Open, Malaysia Open, Indonesia Open, hingga China Open.

Sedangkan turnamen ITF yang berhasil ia raih adalah Indonesia Open dan Bangkok Open untuk nomor tunggal putri. Serta Australia Open, Japan Open, Italy Open, hingga US Open pada nomor ganda.

Selain itu, Yayuk Basuki juga berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang Asian Games. Terbukti ada empat medali emas dari nomor perorangan dan beregu yang mampu ia raih pada tahun 1986, 1990 dan 1998. 

Selama aktif bermain, Yayuk Basuki pernah menjadi petenis Indonesia dengan peringkat di WTF yakni saat menduduki ranking 19 di nomor tunggal pada Oktober 1997 lalu.

Yayuk Basuki juga pernah tampil di turnamen Grand Slam. Sebagai informasi, Grand Slam merupakan turnamen tenis dengan level tertinggi mulai dari peserta, poin peringkat, publikasi, sponsor hingga hadiah.

Ada empat turnamen yang masuk kategori grand slam yakni Australia Terbuka (biasanya digelar pada bulan Januari), Prancis Terbuka (bulan Mei), Wimbledon (Juni/Juli), dan AS Terbuka (Agustus/September). 

Jika diibaratkan, ajang Grand Slam serupa dengan turnamen kelas Super 1000 dalam ajang badminton seperti All England, China Open, ataupun Indonesia Open.

Tercatat, Yayuk Basuki pernah mewakili Indonesia pada empat turnamen tenis mayor tersebut baik nomor perorangan maupun ganda.

Salah satu penampilan terbaiknya terjadi di event Wimbledon tahun 1992 silam. Pada ajang tersebut, Yayuk Basuki tidak cuma mengharumkan nama Indonesia melainkan membuat bangga negara Asia Tenggara lantaran menjadi satu-satunya petensi ASEAN yang sukses melangkah jauh.

Lantas seperti apa kisah Yayuk Basuki saat tampil di ajang Wimbledon tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta menulisnya.