Liga Spanyol

Eks Barcelona Terkena Gangguan Saraf, Real Madrid Lakukan Hal Berkelas

Sabtu, 20 Juni 2020 09:32 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Urbanandsport/NurPhoto via Getty Images
Juan Carlos Unzue, mantan asisten pelatih Barcelona. Copyright: © Urbanandsport/NurPhoto via Getty Images
Juan Carlos Unzue, mantan asisten pelatih Barcelona.

INDOSPORT.COM - Mantan asisten pelatih Barcelona, Juan Carlos Unzue dikabarkan tengah mengalami penyakit yang menyerang bagian sarafnya. Hal ini merupakan kabar buruk bagi sepak bola Spanyol dan turut menyita perhatian Real Madrid.

Juan Carlos Unzue pernah menjadi asisten pelatih di Barcelona pada tahun 2014 silam. Masa baktinya bersama El Barca tidak lama, terbilang hanya bertahan tiga tahun saja sebelum ia hengkang pada tahun 2017 lalu.

Saat itu, dirinya bertugas mendampingi Luis Enrique dan berhasil merasakan treble winner bersama Barcelona pada musim 2014/2015 silam. Kala itu memang pasukan dari Barcelona sendiri terbilang sangat mengerikan. Mereka bermain sangat baik.

Setelah memutuskan untuk hengkang dari Camp Nou, ia akhirnya dikontrak menjadi pelatih kepala Celto Vigo klub LaLiga Spanyol. Hanya bertahan satu musim di sana, ia memutuskan untuk hengkang dan pindah ke Girona, klub kasta kedua Liga Spanyol.

Seperti dilansir dari Sky Sports, setelah lama tidak menjadi seorang pelatih, Unzue dikabarkan menderita Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Penyakit ini biasanya mengganggu sistem kerja saraf yang mampu melemahkan otot-otot dan mempengaruhi fungsi fisik.

Lebih mendalam, ALS menyerang otak dan saraf tulang belakang yang mengendalikan gerakan otot (Saraf Motorik). Seiring berjalannya waktu, saraf akan semakin merusak dan penderita ALS sangat bisa kehilangan kekuatan otot, tidak bisa berbicara, lumpuh dan gangguan pernapasan.

Namun, hingga saat ini kondisinya masih belum banyak yang mengetahui. Sebab, dikarenakan pandemi corona masih ada, diperkirakan banyak yang tidak bisa melihat kondisi terkini dari Unzue.

Melihat kabar buruk yang datang dari sepak bola Spanyol, Real Madrid yang selaku rival dari Barcelona pun memberikan dukungan kepada Juan Carlos Unzue atas penyakit yang dideritanya saat ini.

“Dari Real Madrid kami ingin menyampaikan seluruh dukungan dan semangat kepada Juan Carlos Unzue. Kami bersamas-sama dengannya dan keluarga dalam perjuangannya menghadapai penyakit tersebut dengan seluruh dukungan dan semangat kami,” tulis Real Madrid di situs resminya.

Sementara itu, kompetisi LaLiga Spanyol sudah memasuki pekan ke-30. Jika melihat klasemen sementara, di posisi puncak masih dipengang oleh Barcelona dengan raihan 65 poin. Sedangkan di posisi kedua ada rivalnya, Real Madrid yang mengumpulkan 62 poin dalam 29 pertandingan yang mereka jalani.