Liga Spanyol

Tanpa Messi, Ini Tim Terbaik Barcelona dengan Budget Rp3,1 Triliun

Jumat, 19 Juni 2020 20:43 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Lanjar Wiratri
© Erwin Spek/Soccrates/Getty Images
Tanpa kehadiran Lionel Messi, begini skuat hebat Barcelona jika habiskan uang Rp3,1 triliun. Copyright: © Erwin Spek/Soccrates/Getty Images
Tanpa kehadiran Lionel Messi, begini skuat hebat Barcelona jika habiskan uang Rp3,1 triliun.

INDOSPORT.COM - Tanpa kehadiran Lionel Messi, raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona mungkin bisa membuat tim hebat dengan pembelian pemain-pemain berkualitas lainnya. Dengan menyediakan budget terbatas 200 juta euro (Rp3,1 triliun), ini 11 pemain terbaik Barca.

Bicara soal klub yang paling banyak menghabiskan banyak uang untuk transfer pemain, Blaugrana merupakan contoh nyata salah satunya. Meskipun punya banyak pemain berbakat di La Masia mereka terkesan gengsi demi alasan dominasi Eropa.

Seperti diketahui La Masia sudah mencetak banyak pemain berbakat sebut saja Messi, Andres Iniesta, Carles Puyol, dan Xavi Hernandez. Tapi bayangkan saja jika mereka tak sudi gunakan para jebolan akademi muda itu dan cenderung mempercayakan para pendatang.

Melansir laman berita Barca Universal, hanya cukup Rp3,1 triliun Barcelona bisa tetap memiliki susunan pemain berkualitas yang kesemuanya bukan dari jebolan La Masia. Berikut INDOSPORT merangkum starting XI terbaik Barcelona dari para pemain yang pernah dibeli dengan mahar fantastis itu.

1. Kiper: Marc-Andre ter Stegen (12 juta euro)

Melewati predikat legendaris seorang Victor Valdes merupakan hal paling sulit di Barcelona. Akan tetapi pada kenyataannya Marc-Andre ter Stegen bisa melampaui hal tersebut semenjak digaet saat berstatus pemain muda Borussia Monchengladbach 2014 silam.

Dibeli dengan mahar 12 juta euro (Rp191 miliar) saat itu buktikan jika langkah Barcelona sudahlah tepat. Punya gerakan kaki cepat, penyelamatan akurat, dan mampu menjalani peran sweeper-keeper, ter Stegen masuk sebagai salah satu kiper terbaik dunia.

2. Bek Kanan: Dani Alves (30 juta euro)

Sebelum hengkang, harus diakui jika Dani Alves merupakan bek kanan terbaik di Barcelona yang memiliki keahlian serupa jebolan La Masia. Saat masih masuk skuat utama bersama Messi cs, pemain bertahan asal Brasil ini langsung jadi ancaman serius penyerang tim lawan.

Secara kemampuan, ia jadi pemain paling lengkap yang pernah bela Cules berkat kemampuan menerjang, dribble, kreatifitas kala di lapangan. Selalu buat tim menang, kaki kanan Alves sangat ditakuti bahkan oleh kiper legendaris, Iker Casillas.

3. Bek Tengah: Gerard Pique (5 juta euro)

Meski lazimnya merupakan pemain dari La Masia, Pique lebih memilih menanggalkan statusnya itu untuk menuntut ilmu di Manchester United. Ketika Pep Guardiola sedang mencari peningkat lini bertahan 2008 lalu, Barcelona pun cukup gelontorkan dana 5 juta euro (Rp79 miliar).

Disia-siakan setelah Wayne Rooney menyatakan ke Sir Alex Ferguson jika bek tersebut tak layak bersama Setan Merah, Guardiola malah terlihat optimis. Benar saja kepulangan Pique membuatnya jadi pahlawan di Azulgrana dan jadi pemain andalan di LaLiga Spanyol hingga kini.

4. Bek Tengah: Eric Abidal (15 juta euro)

Salah satu bintang legendaris lain yang turut serta jadi andalan Barcelona sejak tinggalkan Prancis 2007 silam. Pada awalnya Eric Abidal terkesan tak terlalu dominan di Camp Nou hingga kalah saing dengan bintang lain.

Tapi itu semua berubah kala Guardiola ditugasi sebagai pelatih utama Barcelona, perlahan tapi pasti kemampuan Abidal kian hebat hingga bisa berposisi di bek kiri maupun tengah. Satu hal yang cukup menarik disini ialah meski dalam keadaan kurang sehat, bek ini masih bisa ikut mengangkat trofi Liga Champions.

5. Bek Kiri: Jordi Alba (14 juta euro)

Serupa dengan Pique, bek ini terkesan tinggalkan La Masia sebelum akhirnya membela Valencia dan Timnas Spanyol 2012 silam. Berkat sepak terjangnya, Barcelona tertarik menebus harga 14 juta euro (Rp223 miliar).

Seiring berjalannya waktu kemampuan Jordi Alba kian terasah hingga bisa menjadi ancaman utama para pemain lawan yang mengancam Barcelona. Bek kiri ini menjadi banyak solusi kebocoran lini bertahan skuat utama.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%