Liga Champions

Liga Champions: Barcelona Ingin Lawan Napoli di Camp Nou

Sabtu, 20 Juni 2020 10:30 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© DeFodi Images/GettyImages
Quique Setien meminta kepada UEFA untuk pertandingan leg kedua Liga Champions antara klubnya berhadapan dengan Napoli dilaksanakan di Camp Nou. Copyright: © DeFodi Images/GettyImages
Quique Setien meminta kepada UEFA untuk pertandingan leg kedua Liga Champions antara klubnya berhadapan dengan Napoli dilaksanakan di Camp Nou.

INDOSPORT.COM - Pelatih Barcelona, Quique Setien meminta kepada UEFA untuk pertandingan leg kedua Liga Champions antara klubnya berhadapan dengan Napoli dilaksanakan di Camp Nou.

Antara Barcelona dan Napoli, keduanya masih memiliki peluang untuk lolos ke babak perempat final Liga Champions musim ini. Sebab, pada leg pertama 16 besar, mereka bermain imbang dengan skor 1-1.

Akibat adanya pandemi virus corona yang sudah menyebar luas ke daratan Eropa membuat kompetisi Liga Champions harus dihentikan sementara waktu sejak bulan Maret lalu.

Akhir-akhir ini, pihak dari federasi sepak bola Eropa (UEFA) mengeluarkan pengumuman resmi bahwa kompetisi akan dilaksanakan kembali. Pelaksanaannya akan digelar mulai tanggal 7 Agustus 2020 mendatang.

Pihak dari asosiasi sepak bola Eropa itu memutuskan pada babak perempatfinal hingga seterusnya akan dimainkan dalam format turnamen gugur laga satu leg di Lisbon, Portugal. Meski demikian, tempat untuk pertandingan leg kedua 16 besar masih belum diputuskan.

Melihat keputusan tersebut, pelatih dari Barcelona, Quique Setien memberikan tanggapan serta meminta izin kepada UEFA untuk laga melawan Napoli dilangsungkan di kandang mereka, Camp Nou. Sebab, jika dilaksanakan di tempat netral ini tentu tidak adil. Pasalnya pada leg pertama dilangsungkan di kadang milik II Partenopei.

“Saya sebenarnya ingin bisa bertanding di stadion kami. Kalau tidak begitu, kami sama saja memberikan keuntungan kepada lawan kami, yang menjalani leg pertama di stadion mereka dan dengan dukungan penuh penggemar mereka,” kata Setien dilansir dari Football Espana.

Setien juga memberikan komentar mengenai format baru yang di buat oleh UEFA mengenai Liga Champions musim ini. Menurutnya, jika menggunakan sistem gugur dan hanya dijalankan satu leg saja itu sungguh merugikan klub.

“Untuk format baru Liga Champions, saya rasa itu lebih buruk dan tidak hanya Barcelona melainkan semua klub. Dengan dua leg anda bisa memperbaiki kesalahan, kini semuanya dipertaruhkan. Ya UEFA sudah memutuskan jadi kita harus beradaptasi saja,” tambahnya.

Laga lanjutan kompetisi LaLiga Spanyol musim 2019/2020 sendiri sudah memasuki pekan ke-30. Barcelona harus menahan gelar juaranya untuk musim ini usai menghadapi Sevilla pada Sabtu (20/06/2020) dini hari tadi. Sebab, Lionel Messi dan kawan-kawan ditahan imbang oleh tuan rumah dengan skor 0-0.

Hal ini membuat poin untuk Barcelona sendiri hanya bertambah satu poin dan menjadi 65 poin di urutan pertama. Sementara itu, rivalnya, Real Madrid memiliki kesempatan untuk bisa menyusul karena hanya terpaut tiga poin saja.