Bola Internasional

Timnas U-16 Bakal Bertarung di Bahrain, Kas Hartadi Kenang Momen 1986

Sabtu, 20 Juni 2020 19:15 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Indra Citra Sena
© Dok. Kas Hartadi
Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia Pelajar 1986. Copyright: © Dok. Kas Hartadi
Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia Pelajar 1986.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 akan bertarung pada Piala Asia 2020 di Bahrain, 25 November hingga 12 Desember mendatang. Legenda Indonesia, Kas Hartadi, langsung teringat momen di ajang serupa edisi 1986.

Sosok asal Sukoharjo itu memang menjadi bagian dati timnas U-16 Piala Asia Pelajar 1986 atau yang disebut Piala Kodak. Skuat saat itu juga berisikan nama-nama tenar seperti Bonggo Pribadi, Aleksander Saununu, Listianto Raharjo, Yudi Guntara, hingga I Made Pasek Wijaya.

Saat itu, timnas U-16 bertarung dengan tuan rumah Qatar, Arab Saudi, dan juga Bangladesh. Kas Hartadi mengungkapkan cerita yang bisa jadi pelajaran untuk pasukan Bima Sakti di Bahrain nanti.

"Timur Tengah itu kondisinya sangat panas. Itulah kendala besar kami. Jadi setelah latihan mata seperti berkunang-kunang karena panasnya," ungkap Kas Hartadi saat berbincang dengan INDOSPORT di rumahnya, Kampung Kwarasan, Grogol, Sukoharjo, Jumat (19/6/20).

Mantan pelatih Sriwijaya FC itu memaparkan, saat itu persiapan tim sekitar tahun. Saat itu, dirinya dan mayoritas pemain berasal dari Diklat Ragunan.

"Sayangnya kami saat itu gagal melangkah dari fase grup," kenang Kas Hartadi.

Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup D Piala Asia U-16 2020 bersama Jepang, China dan Arab Saudi. Meski disebut grup neraka, namun armada Garuda Asia diyakini mampu berbicara banyak di Bahrain nanti.