Bola Internasional

3 Kunci Timnas Indonesia U-16 Lolos dari Grup Neraka Piala Asia U-16

Kamis, 18 Juni 2020 22:17 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Melalui ujian yang berat di Grup D Piala Asia U-16 2020, Timnas Indonesia U-16 mesti memiliki tiga kunci berikut untuk bisa lolos. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Melalui ujian yang berat di Grup D Piala Asia U-16 2020, Timnas Indonesia U-16 mesti memiliki tiga kunci berikut untuk bisa lolos.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 diketahui harus melalui jalan terjal setelah hasil drawing Piala Asia U-16 2020 keluar. Meski begitu, ada tiga kunci agar Marselino Ferdinan dkk bisa lolos dari grup maut ini. 

Setelah berhasil menyandang status sebagai runner-up Grup G di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 kini Timnas Indonesia U-16 akan melangkah ke putaran final.

Tentunya target untuk Piala Asia U-16 2020 kali ini adalah lolos ke semifinal demi mewujudkan impian berjuang di Piala Dunia U-17 2021 mendatang.

Namun, sebelum itu Timnas Indonesia U-16 harus siap melalui jalan terjal di fase grup ajang Piala Asia U-16 2020. Hari ini, Kamis (18/06/20) telah dilangsungkan drawing babak penyisihan Piala Asia U-16 yang dilangsungkan di Kantor AFC, Kuala Lumpur, Malaysia.

Dari hasil drawing yang telah dilakukan, Timnas Indonesia U-16 akhirnya dipastikan akan mengisi Grup D bersama dengan Tiongkok, Arab Saudi, dan Jepang.

Ketiga negara tersebut bukanlah lawan yang mudah bagi skuat Garuda Asia. Jepang contohnya, negara ini telah meraih gelar juara Piala Asia U-16 sebanyak tiga kali.

Sementara itu Arab Saudi sudah meraih gelar juara sebanyak dua kali dan Tiongkok bukanlah lawan yang mudah untuk ditaklukkan. Timnas Indonesia U-16 hanya mampu bermain imbang saat berjumpa dengan Tiongkok di laga kualifikasi.

Meski begitu, peluang Indonesia untuk lolos cukup besar asal bisa mengamankan tiga kunci berikut ini. 

1. 3 Poin dari China

Di atas kertas, China adalah tim terlemah di grup ini. Jangan salah, meski kalah nama besar, namun Timnas Indonesia level U-16 cukup diperhitungkan di Asia. 

Terbukti dari masuknya Indonesia di pot 2 undian. Garuda Muda juga sukses menjadi runner-up babak kualifikasi Grup G dengan tanpa terkalahkan. 

Satu-satunya hasil kurang maksimal didapatkan kala melawan China di laga pamungkas yang berakhir dengan skor imbang 0-0. 

Dari pertandingan itu Timnas Indonesia U-16 pun terbukti tidak kalah jago. Bahkan, jika lebih beruntung, Timnas Indonesia U-16 bisa meraih tiga poin. 

Dengan kekuatan yang tak jauh berbeda serta telah sama-sama mengetahui kekuatan lawan, seharusnya ini jadi peluang bagi Indonesia untuk mengamankan tiga poin demi mempermudah jalan lolos.