Liga Indonesia

Pasca Rapat dengan Asprov, PSSI Siap Gulirkan Liga 3

Selasa, 23 Juni 2020 14:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© dutatv.com
PSSI berencana menggulirkan Liga 3 2020 setelah melakukan rapat virtual dengan 34 Asosiasi Provinsi (Asprov) pada Senin (22/06/20). Copyright: © dutatv.com
PSSI berencana menggulirkan Liga 3 2020 setelah melakukan rapat virtual dengan 34 Asosiasi Provinsi (Asprov) pada Senin (22/06/20).

INDOSPORT.COM - PSSI berencana menggulirkan Liga 3 2020 setelah melakukan rapat virtual dengan 34 Asosiasi Provinsi (Asprov) pada Senin (22/06/20). Sebagian besar Asprov setuju jika kompetisi kasta ketiga tersebut 3 berlangsung layaknya tahun lalu.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan, Liga 3 diputar dengan tujuan memberikan kesempatan pada pemain muda untuk berkembang, sekaligus ajang pembuktian pemain amatir menuju profesional. Namun, untuk format kompetisi akan dibahas lebih lanjut.

"Aspek pembinaan, pengembangan sepak bola dalam jenjang kompetisi tetap terjaga. Ini juga kesempatan klub Liga 3 dapat promosi ke Liga 2 musim berikutnya, apalagi ini sesuai dengan program kerja PSSI 2020, tentang kompetisi yang telah disahkan pada Kongres PSSI di Bali awal tahun lalu," katanya.

PSSI diminta untuk menyiapkan format tertentu untuk Liga 3 2020, mengingat saat ini masih berlangsung pandemi virus corona. Sistem home turnamen jadi opsi terdepan untuk memudahkan mengontrol segala aktivitas klub dan semua pihak yang terlibat.

"Kami sependapat dengan para peserta Asprov yang lain yakni kompetisi Liga 3 tetap diselenggarakan. Namun dilaksanakan dengan sistem home turnament menjadi salah satu alternatif atau format lain yang memungkinkan," ujar Ketua Asprov PSSI Jawa Tengah, Edy Sayudi.

Sementara itu, ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap Liga 2 2020 berjalan tanpa halangan. Ia mempercayakan semuanya pada 34 Asprov untuk menggelar pertandingan di masing-masih daerah (babak penyisihan) sebelum menuju babak nasional.

"Saya sebagai ketua umum PSSI senang kalau Liga 3 dapat bergulir sebagaimana kami melanjutkan Liga 1 dan 2. Tentu menggulirkan Liga 3 harus mengikuti protokoler kesehatan yang ada," tuturnya.

"Kami mengapresiasi kerja keras Asprov untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Mereka merupakan ujung tombak PSSI di daerah untuk membina sepak bola terutama pembinaan usia muda," tutup pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.