Liga Indonesia

Kapten Persib, Supardi Beberkan Rahasianya Menjaga Kebugaran

Rabu, 24 Juni 2020 11:43 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/INDOSPORT
Kapten tim sepak bola Persib Bandung, Supardi Nasir, membeberkan rahasia menjaga kebugaran. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Kapten tim sepak bola Persib Bandung, Supardi Nasir, membeberkan rahasia menjaga kebugaran.

INDOSPORT.COM - Kapten tim sepak bola Persib Bandung, Supardi Nasir, membeberkan rahasia menjaga kebugaran, sehingga masih bisa bermain sepak bola di usianya yang sudah tidak muda lagi yakni 37 tahun. 

Supardi Nasir menuturkan, tidak ada cara khusus yang dilakukan olehnya untuk menjaga kebugaran. Menurutnya, kebiasaan yang sering dilakukan olehnya agar kondisinya tetap fit yakni dengan beristirahat. 

Sebagai informasi, meski usia Supardi sudah tidak muda lagi, namun ia merupakan salah satu pemain andalan Persib di kompetisi Liga 1 2020 dan sudah beberapa musim mendapat kepercayaan sebagai kapten tim. 

"Kiat-kiatanya gak ada kiat khusus, untuk masalah jaga stamina itu tergantung masing-masing pemain. Kalau saya pribadi, fokus ke saya banyak istirahat di kamar," kata Supardi saat live di Instagram Persib, Selasa malam (23/06/2020). 

"Saya termasuk orang yang gak terlalu suka nongkrong di luar, saya lebih senang nongkrong di kamar saja, alias tidur," ungkap Supardi sambil tertawa. 

Kebiasaannya beristirahat menurut Supardi, sangat membantunya memulihkan kebugaran, apalagi saat kompetisi bergulir aktivitasnya bersama tim sangat padat. 

"Saya lebih suka itu, karena itu sangat membantu saya di umur yang sudah tidak muda lagi, jadi saya butuh istirahat yang lebih dibandingkan pemain lain," jelasnya. 

Selain itu, biasanya ia kurang memperhatikan makanan. Namun, saat menjelang pertandingan Supardi sangat peduli dengan asupan makanan, beberapa makanan tidak akan dikonsumsi olehnya jika sudah mendekati laga. 

Saat aktivitas tim diliburkan, seperti saat ini ketika kompetisi Liga 1 2020 dihentikan, Supardi mengaku tetap menjalankan program latihan mandiri yang diberikan pelatih Robert Rene Alberts. Selain itu, ia juga sering menambah porsi latihan, untuk menjaga kebugarannya.