Bola Internasional

6 Bintang Eropa yang Hutang Budi ke Louis van Gaal

Jumat, 26 Juni 2020 21:54 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© VI Images via Getty Images
Berikut tersaji enam pemain ternama dunia yang berhutang budi kepada Louis van Gaal, lantaran sudah membantu membuat mereka menjadi superstar sepak bola. Copyright: © VI Images via Getty Images
Berikut tersaji enam pemain ternama dunia yang berhutang budi kepada Louis van Gaal, lantaran sudah membantu membuat mereka menjadi superstar sepak bola.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji enam pemain ternama dunia yang berhutang budi kepada Louis van Gaal, lantaran sudah membantu membuat mereka jadi bersinar dalam dunia sepak bola.

Louis van Gaal merupakan mantan pelatih sepak bola asal Belanda yang sangat sukses dalam perjalanan karirnya. Usai pensiun sebagai pemain, ia mencoba peruntungannya sebagai pelatih pada 1991 yang lalu.

Klub pertama yang dilatihnya adalah Ajax Amsterdam dari Eredivisie Belanda. Bersama mereka, Van Gaal mampu memberikan gelar juara domestik pada 1993/94, 1994/95, 1995/96. Padahal, Ajax adalah klub pertamanya sebagai pelatih.

Atas keberhasilannya itu, Van Gaal akhirnya mendapat banyak tawaran dari klub lain. Ia pun lantas menangani raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona pada 1997-2000. Setelah itu, ia diminta untuk melatih timnas senior Belanda pada 2000-2002.

Barcelona bukan satu-satunya klub besar dunia yang dilatihnya. Van Gaal juga menukangi Bayern Munchen pada 2009-2011 dan Manchester United pada 2014-2016. Meski demikian, ia tidak menangani klub manapun usai hengkang dari Old Trafford pada 2016 silam.

Sukses mengantarkan klub-klub yang ia latih untuk meraih banyak gelar, sosok yang dijuluki Iron Tulip itu ternyata juga mampu menelurkan bakat-bakat dalam dunia sepak bola. Hebatnya lagi, banyak mantan anak asuhnya yang menjadi legenda dunia.

Melansir dari laman portal berita olahraga Squawka, berikut tersaji enam pemain tenar dunia yang berhutang budi kepada Louis van Gaal, karena telah berjasa membantu mereka untuk menjadi superstar sepak bola.

1. Edgar Davids

Legenda Juventus yang bernama Edgar Davids mengawali karir sepak bola seniornya bersama Ajax Amsterdam pada 1991-1996. Saat itu, klub tersebut sedang dilatih Louis van Gaal. Sang pelatih menjuluki Davids dengan sebutan The Pitbull.

Edgar Davids sukses menjadi gelandang yang paling dikenal dan disegani pada saat itu. Tak heran, AC Milan merekrutnya pada 1996 disusul Juventus yang juga mendatangkannya pada 1997. Inter Milan mendapatkannya pada 2004.

2. Andres Iniesta

Legenda Barcelona, Andres Iniesta merupakan pemain yang tak diragukan lagi kemampuannya. Ia pertama kali membela tim Catalan itu pada 2002, tepat ketika Louis van Gaal datang ke Camp Nou usai jadi pelatih timnas Belanda.

"Louis van Gaal sangat penting bagi saya. Karena, saya menjalani debut di bawah kepelatihannya. Dia sudah memercayakan hal ini pada saya dan mengubah saya menjadi pemain profesional," kenang Iniesta.