Liga Inggris

Akibat Messi-Ronaldo, Liverpool Patut Berterima Kasih ke Man City

Jumat, 26 Juni 2020 14:58 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Sukses raih juara Liga Inggris 2019-2020, Liverpool patut berterimakasih ke Manchester City. Hal ini berkat ada rival bak Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Copyright: © INDOSPORT
Sukses raih juara Liga Inggris 2019-2020, Liverpool patut berterimakasih ke Manchester City. Hal ini berkat ada rival bak Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

INDOSPORT.COM - Sukses raih juara Liga Inggris 2019-2020, Liverpool sejatinya patut berterimakasih ke Manchester City. Siapa sangka hal ini berkat ada nuansa rival bak Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Bicara terkait megabintang terbaik dunia saat ini nama Messi dan Ronaldo selalu saja sukses jadi sorotan. Sepak terjang mereka dalam meraih rekor dan trofi individual seperti Ballon d'Or beberapa tahun terakhir seolah terjadi secara bergantian.

Jalinan persaingan Messi-Ronaldo ini rupanya juga muncul dalam hal perebutan gelar juara Liga Inggris musim ini dimana kesuksesan Liverpool tak lepas dari pengaruh Manchester City. Pendapat terkait muncul dari legenda The Reds, Red Jason McAteer.

"Liverpool sudah menangi liga tahun ini, dan sebagian keberhasilan mereka berkat Manchester City. Itu bukan sepenuhnya salah mereka (Manchester City) yang membuat kubu Jurgen Klopp mampu memimpin jauh kedepan dibanding tahun lalu," ucap McAteer dilansir Evening Standard.

"Faktanya Liverpool sukses membuat City agar sukses tampil maksimal musim lalu sehingga tahun ini jadi kesempatan mereka. Anda bisa lihat hubungan timbal balik ini mirip dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo atau Roger Federer serta Rafael Nadal. Jalinan rival hebat, berikan efek kesuksesan besar pula," tambahnya lagi.

Pada gelaran kompetisi divisi atas Inggris musim lalu, Liverpool hanya mampu meraih total tipis yakni 97 poin dari juara bertahan Manchester City. Akan tetapi kini justru sebaliknya, skuat Klopp mampu memimpin dengan poin tak terkejar berkat rekor panjang tak terkalahkan mereka.

Hal ini sangat mirip dengan apa yang terjadi kala Messi dan Ronaldo secara bergantian sukses merebut titel pesepak bola terbaik sejagad kala sama-sama bermain di Spanyol. Dua megabintang itu pun telah memiliki total 11 Balon d'Or semenjak bersaing dari tahun 2008 hingga kini.

Meski sukses juarai Liga Inggris, Liverpool masih akan menjalani sisa musim dengan laga kontra Manchester City pada Jumat (03/07/20) depan. Mengingat keberhasilan ini berkat rivalnya, bukan tidak mungkin Liverpool akan sedikit bermurah hati lawan The Citizen.